Dukung Net Zero Emission RI, E-Commerce Ini Daur Ulang Ribuan Sampah Kosmetik

Oleh Liputan6.com pada 07 Apr 2022, 13:10 WIB
Diperbarui 07 Apr 2022, 22:28 WIB
Blibli Cinta Bumi
Perbesar
Blibli Cinta Bumi

Liputan6.com, Jakarta Blibli memperkuat komitmennya dalam melestarikan lingkungan melalui upaya daur ulang sampah yang ditunjukkan dalam partisipasinya di Surabaya X Beauty sebagai official e-commerce partner.

Sepanjang penyelenggaraan acara selama tiga hari  lalu, Blibli berhasil mengumpulkan lebih dari 12.000 kemasan produk kecantikan serta hampir 5.000 kardus kemasan produk kecantikan dari ribuan orang yang mengunjungi instalasi Blibli Cinta Bumi. 

“Blibli mengucapkan terima kasih atas antusiasme yang luar biasa dari para pengunjung, dan ini menjadi motivasi lebih bagi Blibli untuk terus memperluas dampak positif dari kampanye Blibli Cinta Bumi, sekaligus mengajak lebih banyak lagi masyarakat untuk bersama-sama menjaga lingkungan dan menjalankan gaya hidup yang eco-friendly secara menyeluruh dan berkelanjutan,” ujar VP Public Relations Blibli, Yolanda Nainggolan dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (7/4/2022).

Keterlibatan Blibli Cinta Bumi di Surabaya X Beauty merupakan wujud komitmen perusahaan menerapkan konsep ESG (Environmental, Social, Governance) di setiap kebijakannya, sejalan dengan prinsip Blibli sebagai e-commerce dengan bisnis berkelanjutan.

Blibli sendiri telah menerapkan prinsip ESG di berbagai kegiatan operasionalnya. Diantaranya: daur ulang sampah plastik dan kardus kemasan, penanaman pohon, waste upcycling, pembangunan tank tadah hujan dan mengolahnya untuk keperluan operasional di berbagai gudang Blibli.  

Bagi Blibli, upaya ini menjadi penting untuk memastikan kegiatan bisnis perusahaan bisa memberikan dampak positif terhadap pemberdayaan dari aspek-aspek yang termasuk di dalam ESG.

Jika diterapkan secara strategis, prinsip ESG pun dapat membantu perusahaan dalam meningkatkan produktivitas dan efektivitas operasional, sehingga perusahaan bisa terus tumbuh secara berkelanjutan, baik dari segi bisnis maupun pengaruhnya terhadap komponen di dalam ESG

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Kesadaran Konsumen

Ilustrasi Sampah Kemasan
Perbesar
Ilustrasi sampah kemasan. (dok. Unsplash.com/@possessedphotography)

Sejalan dengan prinsipnya tersebut, Blibli Cinta Bumi berupaya meningkatkan kesadaran konsumen akan isu lingkungan dari penggunaan produk kecantikan dengan mengajak mereka mendaur ulang kemasan produk.

Dalam hal ini, Blibli Cinta Bumi menghadirkan tiga lokasi drop box dimana pengunjung bisa menaruh kemasan kosong kosmetiknya. Pengunjung pun mendapatkan insentif berupa token untuk bermain games menarik dengan hadiah berupa produk dan alat kecantikan.

Seluruh sampah kosmetik ini selanjutnya akan diolah kembali menjadi barang baru bersama mitra-mitra Blibli yang turut melibatkan komunitas perempuan, difabel, dan pengungsi, sesuai konsep sustainable business berbasis ESG oleh Blibli, yang dalam hal ini terkait dengan pemberdayaan komunitas. 

Aksi Blibli dalam menginspirasi para beauty enthusiast untuk tampil cantik dan baik sambil merawat keberlangsungan lingkungan pun tidak berhenti sampai di sini. Blibli akan melanjutkan kolaborasinya bersama Female Daily selaku penyelenggara Surabaya X Beauty dengan hadir di acara Jakarta X Beauty yang digelar pada Juli 2022. Blibli pun mengajak para beauty enthusiast untuk mengumpulkan semua kemasan produk kecantikannya dan membawanya ke instalasi Blibli Cinta Bumi di Jakarta X Beauty.  Komitmen Blibli dalam menjaga kelestarian lingkungan melalui Blibli Cinta Bumi

Melalui Blibli Cinta Bumi, Blibli merupakan e-commerce pertama di Indonesia yang menjalankan inisiatif ramah lingkungan. Sejak diinisiasi pada 2020, daur ulang sampah, khususnya kardus dan plastik, telah menjadi salah satu fokus utama dari Blibli Cinta Bumi.

Pasalnya, Indonesia merupakan negara dengan produksi sampah plastik yang besar. Data Lembaga Kajian Ekologi dan Konservasi Lahan Basah (Ecoton) pada 2021 menunjukkan, Indonesia menghasilkan sekitar 8 juta ton sampah plastik tiap tahun, di mana hanya 3 juta ton di antaranya yang dapat diolah. 

 


Didaur Ulang

Cara Seru Kelola Sampah Kemasan Paket-Paket Lebaran, Jangan Asal Dibuang
Perbesar
Ilustrasi sampah kemasan paket. (dok. cottonbro/Pexels.com)

Saat ini, Blibli Cinta Bumi memiliki Blibli Cinta Bumi Collection Boxes yang berada di berbagai lokasi di Jabodetabek untuk mengumpulkan sampah kardus dan plastik.

Selain itu, Blibli Cinta Bumi juga mendorong pelanggan dan karyawan untuk mengumpulkan kardus dan plastik melalui kurir BES sebagai agen pengumpul sampah saat mengantar produk. Sampah yang terkumpul dikelola kembali untuk didaur ulang menjadi filler material pengganti bubble wrap untuk membungkus produk yang dibeli di Blibli.

 Selain itu, tiap 10 kardus yang dikumpulkan memiliki nilai 1 pohon yang akan Blibli tanam ke depannya. Upaya penanaman pohon ini pun sudah dimulai sejak tahun 2021 melalui penanaman 1.000 pohon di Rembang, Jawa Tengah, yang dilakukan bersama Bakti Lingkungan Djarum Foundation (BLDF) dan pemerintah setempat.

Blibli juga menyediakan laman khusus untuk mengedukasi pelanggan akan pentingnya gaya hidup yang eco-conscious sekaligus mengajak pelanggan untuk terlibat langsung dalam kampanye Blibli Cinta Bumi. Laman khusus Blibli Cinta Bumi bisa dilihat di sini. 

“Blibli akan terus mengembangkan Blibli Cinta Bumi melalui sinergi bersama lebih banyak mitra yang memiliki kesamaan visi akan kepedulian lingkungan untuk memperluas dampak positif dari kampanye ini bagi Indonesia. Hal ini merupakan bagian dari konsep ESG dan upaya Blibli untuk mendukung Indonesia menuju Net Zero Emissions,” kata Yolanda. 

Dapatkan informasi lebih lanjut tentang Blibli dan rasakan pengalaman belanja tanpa ribet dengan aman dan nyaman dengan mengunjungi situs web Blibli atau unduh aplikasi Blibli sekarang yang tersedia secara gratis di App Store, Google Play, dan Huawei AppGallery.

Infografis Sampah Kemasan Produk Kecantikan
Perbesar
Infografis Sampah Kemasan Produk Kecantikan. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya