Sukses

Menko PMK: Jangan Ada Antrian Tiket Kereta Api saat Mudik Lebaran 2022

Kemenhub memprediksi akan terjadi lonjakan penumpang kereta api secara signifikan, dalam rangka mudik lebaran tahun 2022.

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memprediksi akan terjadi lonjakan penumpang kereta api secara signifikan, dalam rangka mudik lebaran tahun 2022. 

Hal itu disampikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, saat melakukan tinjauan ke Stasiun Senen bersama Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy selaku ketua pengamanan perjalanan mudik 2022, Kamis (7/4/2022).

Menhub memperkirakan secara keseluruhan akan ada sekitar 85-86 juta orang yang melakukan mudik lebaran tahun 2022. Sementara, pemudik yang menggunakan kereta api diperkirakan tembus hingga 14 juta orang.

"Yang naik kereta api 14 juta, itu jumlah yang banyak.  Oleh karenanya pak Presiden menugaskan Menko PMK selaku koordinator dan saya mendampingi untuk melakukan proses persiapan dengan baik," kata Menhub Budi.

Menhub juga mengapresiasi PT KAI yang sudah siagap lebih awal melakukan ram Check, kemudian melakukan inspeksi jalur, membuat posko-posko, menambah perjalanan, hingga meningkatkan SDM.

"Saya kira itu upaya yang baik insyallah bisa berjalan baik," ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jangan Ada Antrian Tiket

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, menyampaikan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam rapat terbatas sudah mewanti-wanti agar dipersiapakan terkait pengamanan mudik tahun 2022 jauh-jauh hari.

"Kemarin ada rapat kabinet terbatas dan diputuskan, kita hari ini langsung mengecek ke lapangan. Tadi kita sudah ke Bandara mengecek perjalanan udara dan sekarang kita perjalanan darat jalur kereta api," kata Menko PMK.

Menko PMK pun menyampaikan beberapa catatan kepada Menhub dan Ditjen Perkeretapian agr meningkatan pelayanan terhadap penumpang.

"Termasuk ticketing jangan sampe ada antrian panjang, sehingga mereka didorong untuk melakukan (pemesanan) tiket melalui internet," pungkas Menko PMK.

3 dari 4 halaman

9 Juta Orang Bakal Mudik Gunakan Pesawat

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dan Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Muhadjir Effenddy, mengecek kesiapan Bandara Internasional Soekarno Hatta (Soetta) jelang mudik Lebaran 2022, Kamis (7/4/2022).

Disela kunjungan tersebut, Menteri PMK Muhadjir Effendy memprediksi, akan ada 80 juta orang yang mudik saat menjelang Hari Raya Idul Fitri 2022 mendatang. Jumlah tersebut merupakan total dari jumlah keseluruhan pemudik yang menggunakan berbagai moda transportasi, baik udara, laut, maupun darat.

"Seperti yang sudah disampaikan Pak Menhub, hasil survei Kemenhub, itu nanti untuk yang mudik jumlahnya bisa mencapai 80juta orang," kata Menteri Muhadjir.

Tak hanya itu, Menteri Muhadjir juga mengungkapkan, berdasarkan laporan dari Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, diperkirakan pemudik yang menggunakan moda transportasi udara mencapai 9 juta orang.

 

4 dari 4 halaman

Persiapan Matang

"Dan tentu saja Bandara Soekarno-Hatta akan menjadi titik sentral dari Bandara yang lain," jelasnya.

Pihaknya pun, bersiap dari jauh hari untuk memastikan moda transportasi siap mengangkut para pemudik nantinya. Pasalnya, sudah dua tahun pemerintah tidak memperbolehkan masyarakat untuk mudik.

"Kita ingin nanti supervisi pemeriksaan kondisi pesawat dilaksanakan dengan sungguh-sungguh sehingga tidak terjadi kejadian yang tidak diinginkan selama mudik baik pemberangkatan maupun sebaliknya," tuturnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.