Sukses

2 Kali Pemilik Merek Kecantikan Ini Jadi Wanita Terkaya di Dunia, Siapa Dia?

Wanita Terkaya di Dunia ini memiliki bisnis kosmetik bernilai USD 74,8 miliar.

Liputan6.com, Jakarta Françoise Bettencourt Meyers kembali menjadi wanita terkaya di dunia tahun 2022. Sosok yang menjadi pewaris L'Oréal ini kini bernilai USD 74,8 miliar atau sekitar Rp 1,07 kuadriliun.

Tahun ini merupakan kali kedua bagi wanita berusia 68 tahun itu masuk dalam daftar wanita terkaya di dunia 2022.

Melansir Forbes, Kamis (7/4/2022), Bettencourt Meyers diperkirakan USD 1,2 miliar lebih kaya dibanding tahun lalu.

Warga asal Prancis ini adalah Wakil Ketua Dewan L'Oréal, perusahaan kosmetik dan kecantikan terbesar di dunia. Perusahaan itu didirikan kakek ahli kimia Eugène Paul Louis Schueller pada tahun 1909.

Sementara itu, Bettencourt Meyers pertama kali masuk dalam daftar miliarder Forbes sejak 2018. Tepatnya setelah ibunya Liliane Bettencourt yang saat itu menjadi wanita terkaya di planet ini meninggal pada 2017 di usia 94 tahun.

Bettencourt Meyers dan keluarganya diketahui memiliki sekitar 33 persen saham L'Oréal. Dia telah menjadi anggota dewan perusahaan sejak 1997. Kedua putranya, Jean-Victor Meyers dan Nicolas Meyers, juga duduk di kursi dewan.

Sebagai produsen kecantikan terbesar di dunia, L'Oréal memiliki lebih dari 35 merek kosmetik, perawatan kulit, dan perawatan pribadi. Perusahaan portofolio utamanya termasuk Maybelline, Garnier, dan NYX.

Perusahaan yang sudah berusia 100 tahun ini terus eksis berkat teknologi dan akuisisi. Baru-baru ini, perusahaan telah meluncurkan headset untuk membantu seseorang membuat pilihan wewangian yang tepat.

Di samping itu, L'Oréal terus mengakuisisi merek indie dan membentuk aliansi strategis untuk tetap menjadi yang teratas dalam tren.

Salah satunya pada tahun 2018, perusahaan membuat inovasi baru bersama Jecca, merek makeup tanpa gender yang didirikan oleh LGBTQ dan advokat transgender Jessica Blacker ke akseleratornya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sepak Terjang Bisnisnya

Kabar terbarunya, tahun 2021 ia juga membeli Youth To The People, sebuah perusahaan perawatan kulit California yang menggunakan campuran vegan dan ekstrak makanan super.

Sebuah perlengkapan kecantikan Urban Outfitters, merek Gen-Z tercatat ada lebih dari USD 50 juta dalam penjualan pada tahun 2021, menurut L'Oréal.

Secara keseluruhan, grup perusahaan L'Oréal menghasilkan pendapatan lebih dari USD 35 miliar pada tahun 2021 dan perusahaan tersebut mempekerjakan 85.000 orang di seluruh dunia.

Bettencourt Meyers yang juga menjabat presiden yayasan filantropi keluarganya, turut memperjuangkan peran Prancis dalam kemajuan ilmu pengetahuan dan seni.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

3 dari 4 halaman

3 Negara Ini Paling Banyak Tambah Miliarder Baru di 2022

Jumlah miliarder  atau orang terkaya dunia bertambah 236 orang pada tahun ini. Namun angka ini masih lebih rendah dari rekor 493 pada tahun 2021.

Penurunan jumlah orang terkaya dunia baru imbas dari pandemi Covid-19 yang belum usai, perang Rusia-Ukraina, dan kondisi pasar yang lesu. Para miliader baru ini berasal dari 34 negara.

1. China

China, tercatat memiliki 62 miliarder baru, termasuk dua dari Hong Kong. Jumlah ini paling banyak dari negara mana pun.

Miliarder baru di China di antaranya adalah CEO e-commerce fashion Shein, Chris Xu dengan kekayaan bersih sekitar USD 5,4 miliar, 

founder perusahaan A.I SenseTime, yakni Tang Xiao'ou dengan kekayaan USD 5,7 miliar. 

Adapun miliarder baru asal Taiwan yakni Zhang Congyuan, dengan kekayaan bersih sebesar USD 11,7 miliar.

Miliarder berusia 74 tahun itu merupakan pendiri produsen sepatu Huali Industrial, yang membuat sepatu untuk sederet merek ternama yaitu Nike, Puma, UGG, dan Vans.

Zhang Congyuan pun menjadi orang terkaya di Taiwan.

 

4 dari 4 halaman

2 Negara Lainnya

2. Amerika Serikat

Amerika Serikat menempati posisi kedua di dunia yang menyambut miliader baru, sebanyak 50 orang. 

Miliarder baru AS itu termasuk salah satu pendiri dan chief technology officer cryptocurrency FTX, Gary Wang dengan kekayaan bersih USD 5,9 miliar dan Scott Shleifer yang juga merupakan pendiri Tiger Global Management, dengan kekayaan USD 5 miliar.

3. India

Selanjutnya India, masuk dalam posisi ketiga dengan penambahan miliarder baru paling banyak yaitu 29 orang.

Salah satu miliarder baru di India adalah Karthik Sarma dengan kekayaan bersih senilai USD 3,1 miliar. 

Perusahaan miliknya, yakni  SRS Investment Management melihat kenaikan saham hingga 43 persen di Avis Budget Group ketika mengumumkan akan menambahkan jasa penyewaan kendaraan listrik.

Miliarder farmasi India yakni Subba Rao Jasti juga masuk dalam dalam miliarder baru dengan kekayaan bersih sebesar USD 1,1 miliar.  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.