8 Instansi Buka Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2022, Daftar di dikdin.bkn.go.id

Oleh Maulandy Rizki Bayu Kencana pada 07 Apr 2022, 09:00 WIB
Diperbarui 07 Apr 2022, 09:21 WIB
Sekolah Kedinasan.
Perbesar
Pendaftaran mahasiswa/praja/taruna sekolah kedinasan tahun 2022 dijadwalkan dibuka pada 9 April mendatang.

Liputan6.com, Jakarta Pendaftaran mahasiswa/praja/taruna sekolah kedinasan tahun 2022 dijadwalkan dibuka pada 9 April mendatang. Pelamar dapat mengakses portal Sekolah Kedinasan di situs https://dikdin.bkn.go.id/ untuk melakukan pendaftaran maupun memperoleh info seputar seleksi sekolah kedinasan tahun ini.

"Proses pendaftaran (Sekolah Kedinasan 2022) dilakukan melalui satu portal, dengan kebijakan satu pendaftar hanya bisa melamar pada satu sekolah kedinasan saja," jelas Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Alex Denni dalam keterangan tertulis, Kamis (7/4/2022).

Sama seperti tahun sebelumnya, pada 2022 terdapat delapan instansi yang akan membuka pendaftaran sekolah kedinasan. Delapan instansi tersebut antara lain Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Hukum dan HAM, Kementerian Keuangan, Badan Pusat Statistik, Badan Intelijen Negara; Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, Badan Siber dan Sandi Negara, serta Kementerian Perhubungan.

Rangkaian seleksi Sekolah Kedinasan Tahun 2022 dilakukan dalam beberapa tahapan. Mulai dari pendaftaran, pemilihan sekolah, verifikasi oleh instansi, kelulusan administrasi, pembayaran virtual account, seleksi kompetensi dasar (SKD) dengan Computer Assisted Test (CAT), hingga pengumuman kelulusan.

"Seluruh tahapan Seleksi Penerimaan Mahasiswa/Praja/Taruna Sekolah Kedinasan pada Kementerian/Lembaga dilaksanakan secara transparan, objektif, kompetitif, tidak diskriminatif, serta bebas dari unsur KKN," tegas Alex.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Siapkan Dokumen

Sekolah Kedinasan
Perbesar
Ilustrasi Sekolah Kedinasan. Dok https://dikdin.bkn.go.id/

Asisten Deputi Perancangan Jabatan, Perencanaan, dan Pengadaaan SDM Aparatur Kementerian PANRB, Aba Subagja, mengajak calon pelamar untuk mulai mempersiapkan dokumen-dokumen persyaratan yang dibutuhkan dalam pendaftaran tahun ini.

Calon pelamar dapat mulai mempersiapkan diri untuk mengikuti seleksi kompetensi serta kelengkapan administrasi sesuai dengan ketentuan instansi yang dilamar.

“Silakan mencermati persyaratan umum pada situs dikdin.bkn.go.id maupun persyaratan khusus pada website masing-masing instansi/sekolah kedinasan yang dituju,” imbuh Aba.

Lanjutnya ditambahkan, saat ini sedang finalisasi jumlah alokasi mahasiswa/praja/taruna hasil persetujuan prinsip di delapan sekolah kedinasan yang ada. Untuk nantinya diproses dalam penerimaan melalui sistem yang ada di SSCASN.

"Tidak lupa kami mengimbau agar masyarakat selalu waspada terhadap praktik penipuan/percaloan yang menjanjikan kelulusan menjadi mahasiswa/praja/siswataruna sekolah kedinasan," pungkasnya.


Link Pendaftaran

Ilustrasi Sekolah Kedinasan. Dok https://dikdin.bkn.go.id/
Perbesar
Ilustrasi Sekolah Kedinasan. Dok https://dikdin.bkn.go.id/

Sebelumnya, Badan Kepegawaian Negara (BKN) menginformasikan bahwa pendaftaran Sekolah Kedinasan 2022 akan dimulai pada 9 April mendatang. Adapun platform yang dapat diakses untuk registrasi daftar Sekolah Kedinasan dapat dilakukan melalui link https://dikdin.bkn.go.id.

“Hai #SobatBKN siapa nih yang menanti pembukaan sekolah kedinasan 2022? Stay tune ya, catat tanggal dan waktunya 😉,” dikutip dari Instagram @bkngoidofficial, Senin (4/4/2022).

Seperti yang diketahui bersama, sekolah kedinasan ini merupakan perguruan tinggi kedinasan yang terikat dengan lembaga pemerintah selaku penyelenggara pendidikan.

Sementara itu, di tahun ini pendaftaran dibuka untuk delapan sekolah kedinasan. Adapun kedelapan sekolah kedinasan 2022 tersebut antara lain:

- Kementerian Perhubungan

- Kementerian Hukum dan HAM

- Kementerian Dalam Negeri

- Kementerian Keuangan

- Badan Intelijen Negara

- Badan Pusat Statistik

- Badan Meterorologi, Klimatologi, dan Geofisika

- Badan Siber dan Sandi Negara

Menurut informasi, pendaftaran sekolah kedinasan 2022 akan dibuka pada pukul 09.22 WIB di 9 April 2022. Kemudian akan ditutup pada 30 April 2022 pukul 23.59 WIB.

Bagi yang tertarik, bisa mendaftarkan diri melalui link https://dikdin.bkn.go.id. Di dalam lama tersebut telah tersedia beragam menu pendukung, seperti pendaftaran, pemilihan sekolah, verifikasi oleh instansi, kelulusan administrasi, pembayaran virtual account hingga tes CAT kelulusan serta layanan helpdesk peserta.

Di samping itu, patut diingat bahwa dalam proses pendaftaran calon pelamar hanya diperbolehkan memiliki satu akun untuk satu formasi.

“Bagi pendaftar baru diharapkan untuk dapat membuat akun terlebih dahulu dengan menggunakan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) dan yang telah memiliki akun sebelumnya dapat langsung melakukan login,” jelas BKN lebih lanjut.


Proses Pendaftaran

Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) merupakan Sekolah Kedinasan Kementerian Perhubungan (Kemenhub)
Perbesar
Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) merupakan Sekolah Kedinasan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) (dok: BPSDMP)

Lebih lajut, berikut ini alur pendaftaran Sekolah Kedinasan 2022.

1. Kunjungi situs https://dikdin.bkn.go.id

2. Buat akun SSCASN dengan NIK yang sudah tervalidasi Dukcapil

3. Cetak Kartu Informasi Akun

4. Login ke SSCASN Sekolah Kedinasan dengan NIK dan password yang telah terdaftar

5. Unggah swafoto, pilih sekolah, lengkapi nilai, unggah berkas, dan lengkapi data

6. Cek resume dan cetak kartu pendaftaran

7. Verifikator instansi kemudian akan memverifikasi data dan berkas pelamar

8. Login ke SSCASN Sekolah Kedinasan dan cek status kelulusan administrasi

9. Pelamar yang lulus akan mendapatkan kode billing, cek informasi pembayaran di masing-masing Sekolah Kedinasan

10. Cetak kartu ujian di SSCASN Sekolah Kedinasan jika pembayaran telah dikonfirmasi oleh sistem

11. Pelamar mengikuti proses seleksi sesuai dengan ketentuan masing-masing instansi

12. Pengumuman hasil seleksi akan diumumkan oleh Panitia Seleksi Sekolah Kedinasan di SSCASN

Infografis Sekolah Tak Lagi Seperti Dulu
Perbesar
Infografis Sekolah Tak Lagi Seperti Dulu (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya