Sukses

Sambut Ramadhan, BCA Siapkan Uang Tunai Rp 58,12 Triliun

Persediaan uang tunai tersebut meningkat sebesar 7 persen dibanding persediaan uang tunai pada 2021.

Liputan6.com, Jakarta - Menyambut bulan suci Ramadhan 2022, PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) memfasilitasi ketersediaan uang tunai hingga sebesar Rp 58,12 triliun.

Persediaan uang tunai tersebut meningkat sebesar 7 persen dibanding persediaan uang tunai pada 2021. Tujuannya untuk mengantisipasi peningkatan permintaan masyarakat terhadap uang tunai selama Ramadhan hingga Idul Fitri.

Hal tersebut disampaikan Wakil Presiden Direktur BCA Armand W Hartono melalui siaran persnya yang diterima Liputan6.com, Rabu, 5 April 2022.

BCA bekerjasama dengan Bank Indonesia turut berpartisipasi dalam kegiatan Serambi Rupiah Ramadan yang merupakan program Bank Indonesia untuk menyediakan kebutuhan uang Rupiah selama Ramadan.

Seremoni pelaksanaan kegiatan Serambi Rupiah Ramadan tersebut dihadiri oleh Deputi Gubernur Bisnis Indonesia Aida S. Budiman, Wakil Presiden Direktur BCA Armand W. Hartono beserta 14 perwakilan perbankan lainnya pada Senin, 4 April 2022 di Komplek Perkantoran Bank Indonesia.

Pada kegiatan seremoni tersebut juga dilakukan pelepasan secara simbolis armada kas keliling yang akan melayani penukaran uang kepada masyarakat Indonesia.

Melalui kegiatan ini BCA  turut mendukung program pemerintah khususnya Bank Indonesia untuk memfasilitasi kebutuhan uang tunai bagi masyarakat Indonesia.

“Meskipun pandemi masih menyertai di Ramadan 2022 ini, namun semangat menunaikan ibadah puasa harus senantiasa tertanam di dalam diri kita. Sebagai wujud dukungan kami, kami menghadirkan Layanan penukaran uang yang dapat dilakukan di kantor cabang maupun di mobil kas keliling serta menambahkan ketersediaan uang tunai untuk  melayani masyarakat di bulan Ramadan,” kata Armand.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Layanan Penukaran

Layanan penukaran uang Rupiah di kantor cabang bank berlangsung mulai 4 April 2022 hingga 29 April 2022. Untuk area Jabodetabek, mobil kas keliling BCA akan memberikan fasilitas penukaran uang kecil di terminal Kampung Rambutan, Jakarta mulai 18 April 2022 hingga 29 April 2022.

Dalam melakukan penukaran uang tunai ini, BCA mengimbau seluruh nasabah untuk turut menjaga protokol kesehatan dengan tetap menggunakan masker dan menjaga jarak.

Sebagai solusi atas terbatasnya ruang gerak, BCA tetap setia menghadirkan layanan #BankingFromHome melalui channel electronic banking BCA seperti BCA mobile, internet banking (KlikBCA), serta akses terhadap 18.034 jaringan ATM BCA.

“Komitmen kami untuk menghadirkan service excellence bagi seluruh nasabah senantiasa dilakukan melalui berbagai inisiatif, salah satunya melalui layanan penukaran uang tunai ini. Kami berharap perekonomian nasional di bulan Ramadan ini berangsur pulih normal dengan menggerakan daya beli masyarakat,” kata Armand.

 

 

Reporter: Elizabeth Brahmana

3 dari 3 halaman

Persiapan BI Hadapi Ramadhan dan Lebaran

Sebelumnya, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat menyambut bulan suci Ramadhan dan Idulfitri 1443 H,  Bank Indonesia (BI) menyediakan uang tunai sebesar Rp175,26 triliun, naik 13,42 persen dari tahun sebelumnya.

Deputi Gubernur Bank Indonesia, Aida S. Budiman mengatakan, langkah BI tersebut juga dilakukan seiring momentum pertumbuhan ekonomi yang terus berlanjut serta untuk mengantisipasi peningkatan transaksi masyarakat sejalan dengan pandemi yang mulai terkendali.

"Pelonggaran Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dan peningkatan aktivitas masyarakat saat Ramadhan dan Idulfitri diperkirakan meningkatkan aktivitas ekonomi dan pembayaran sehingga membutuhkan peningkatan layanan sistem pembayaran tunai dan nontunai," kata Erwin.

Selain menyiapkan uang tunai, BI juga terus mendorong masyarakat untuk memanfaatkan pembayaran non tunai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Saham adalah hak yang dimiliki orang (pemegang saham) terhadap perusahaan berkat penyerahan bagian modal sehingga dianggap berbagai dalam pe

    Saham

  • Bank Central Asia Asia atau BCA merupakan salah satu bank di Indonesia yang dimiliki perusahaan produsen rokok terbesar keempat, Djarum.

    BCA

  • Ramadhan merupakan bulan suci bagi umat Islam yang di dalamnya terdapat perintah menunaikan ibadah puasa.

    Ramadhan 2022

  • Ramadhan adalah bulan kesembilan dalam penanggalan Hijriyah (sistem penanggalan agama Islam).
    Ramadhan adalah bulan kesembilan dalam penanggalan Hijriyah (sistem penanggalan agama Islam).

    Ramadhan

  • uang tunai