Sukses

Mau Verifikasi Wajah di Akun Kartu Prakerja Berhasil, Perhatikan Hal Ini Dulu

Bila tidak mengikuti aturan, sudah pasti verifikasi di akun kartu prakerja wajah akan gagal terus.

Liputan6.com, Jakarta Dalam proses pendaftaran Kartu Prakerja, peserta diminta untuk verifikasi akun dengan mengunggah foto selfie.

Namun, tidak sedikit yang berhasil melewati proses ini sehingga berpikir untuk tidak melanjutkannya. Padahal kegagalan verifikasi foto di akun kartu prakerja tersebut bisa terjadi karena beberapa alasan.

Jadi, meski yang diunggah merupakan foto selfie, peserta harus melakukannya dengan benar sesuai dengan ketentuan. Bila tidak mengikuti aturan, sudah pasti verifikasi wajah akan gagal terus.

“Walaupun judulnya selfie, tapi kamu juga tetap harus serius dan ga bisa asal-asalan ya,” dikutip dari akun Instagram @prakerja.go.id, Rabu (6/4/2022).

Lantas bagaimana cara yang benar agar verifikasi wajah di akun Prakerja bisa berhasil?

Jadi, meski banyak yang sulit melewati proses verifikasi ini, banyak pula yang berhasil. Itu berarti perlu diperhatikan kembali hal-hal yang belum benar pada saat menjalani prosesnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Poin Penting

Bagi yang masih gagal, coba perhatikan beberapa hal berikut ini.

1. Mengecek kondisi fisik KTP

Semua informasi yang ada di sana harus terlihat jelas, terutama foto di KTP. Bila masih belum jelas, kemungkinan gagal akan terjadi.

2. Perhatikan foto saat selfie

Jangan lupa senyum tipis, tapi tidak perlu sampai tertawa lebar. Tim penyeleksi hanya akan memastikan bahwa foto selfie dengan yang ada di KTP adalah pendaftar sesungguhnya.

3. Jangan memakai aksesori

Hal yang perlu diperhatikan lainnya ketika selfie adalah jangan memakai aksesori apa pun, termasuk kacamata. Sebab, beberapa pendaftar seringkali tidak sadar mengenai hal ini padahal sudah tertulis dalam ketentuan sesuai di website Kartu Prakerja.

4. Pengambilan foto

Pada saat pengambilan foto, ambil posisi normal dan sopan. Jangan asal-asalan apalagi sambil rebahan.

Perlu diingat, proses verifikasi ini bukan berarti menghambat pendaftaran bagi yang ingin bergabung dengan Program Kartu Prakerja. Akan tetapi, untuk memastikan bahwa data yang diinput merupakan data asli yang digunakan oleh pemilik aslinya.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

 

3 dari 3 halaman

Infografis: Jangan Percaya Janji Manis Joki Prakerja

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Pemerintah membuka Program Kartu Prakerja sejak 2020 untuk membantu masyarakat yang terkena dampak pandemi Covid-19.

    Kartu Prakerja

  • Program Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi kerja & kewirausahaan berupa bantuan biaya yang ditujukan untuk pencari kerja.
    Program Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi kerja & kewirausahaan berupa bantuan biaya yang ditujukan untuk pencari kerja.

    Prakerja

  • Program Kartu-Prakerja adalah program pengembangan kompetensi kerja dan kewirausahaan yang ditujukan untuk pencari kerja.
    Program Kartu-Prakerja adalah program pengembangan kompetensi kerja dan kewirausahaan yang ditujukan untuk pencari kerja.

    Prakerja 2022

  • Verifikasi Wajah