Sukses

500 Ribu Tiket Kereta Mudik Lebaran 2022 Ludes Terjual, Awas Kehabisan!

Hingga 4 April 2022 lalu, lebih dari 500 ribu tiket kereta api telah terjual untuk mudik Lebaran 2022.

Liputan6.com, Jakarta PT Kereta Api Indonesia (Persero) telah membuka penjualan tiket kereta untuk mudik Idul Fitri nanti. Hingga 4 April 2022 lalu, lebih dari 500 ribu tiket telah terjual.

VP Public Relation KAI Joni Martinus mengimbau para pelanggan kereta api mudik Lebaran 2022 untuk tetap menerapkan protokol kesehatan yang berlaku.

“KAI akan memastikan seluruh pelanggan menerapkan protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah. Tujuannya untuk mencegah penularan Covid-19 pada moda transportasi kereta api di tengah meningkatnya minat masyarakat untuk mudik lebaran 1443 H,” ujar Joni dalam keteeangannya, Selasa (5/4/2022).

Informasi, KAI menetapkan masa Angkutan Lebaran yaitu H-10 s.d H+10 Lebaran atau 22 April s.d 13 Mei 2022. Sampai dengan 4 April, KAI telah menjual 533.438 tiket KA Jarak Jauh atau 22 persen dari total tiket yang disediakan.

Joni menyebut, untuk membeli tiket mudik lebaran masyarakat dapat segera melakukan pemesanan tiket melalui KAI Access, web kai.id, dan seluruh channel penjualan tiket KAI resmi lainnya.

Menurut data yang dikumpulkannya, paling banyak masyarakat mengambil keberangkatan pada 28-30 April 2022. Ia juga menuturkan sejumlah kereta api yang jadi favorit masyarakat.

Diantaranya KA Airlangga relasi Pasar Senen - Surabaya Pasarturi pp, Bengawan relasi Pasar Senen - Purwosari pp, Kahuripan relasi Kiaracondong - Blitar pp, Argo Sindoro relasi Gambir - Semarang Tawang pp, dan lainnya.

"Kami juga mengimbau kepada calon pelanggan untuk mencari tanggal dan rute alternatif jika KA yang diinginkan telah habis tiketnya," kayanya.

Joni menyebut calon pelanggan dapat memanfaatkan fitur Connecting Train di aplikasi KAI Access yang akan membantu memberikan alternatif perjalanan KA dengan mengombinasikan jadwal kereta dengan sifat persambungan.

"Minat masyarakat untuk mudik pada tanggal dan rute favorit memang cukup tinggi. Meski demikian, secara umum, tiket KA pada masa angkutan lebaran masih cukup banyak tersedia. KAI masih menyiapkan penambahan perjalanan KA untuk Angkutan Lebaran tahun ini,” ujarnya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

216 Ribu Tempat Duduk per Hari

Diketahui, KAI telah menyiapkan perjalanan KA rata-rata sebanyam 401 KA per hari. Dengan kapasitas tempat duduk sebanyak 216.608 untuk KA Jarak Jauh dan KA Lokal.

"Sesuai aturan dari pemerintah, kapasitas yang ditetapkan untuk KA Jarak Jauh yaitu 100 persen dan untuk KA Lokal yaitu 70 persen," kata dia. Ia menyebut, tiket kereta untuk keberangkatan mudik lebaran masih tersedia dan bisa didapatkan di berbagai platform resmi penjualan.

"Tiket KA pada masa angkutan lebaran masih cukup banyak tersedia. Masyarakat dapat segera memesan tiket untuk keberangkatan angkutan lebaran melalui berbagai channel penjualan yang tersedia," ujar Joni.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.