Sukses

Program Taxi Alsintan Bantu Petani Demak Mengolah Sawah Lebih Mudah

Petani sudah dipermudah lewat mekanisasi melalui teknologi yang maju, modern, dan mandiri lewat program Taxi Alsintan.

Liputan6.com, Demak Program Taxi Alsintan besutan Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian (Kementan) telah memberikan manfaat bagi petani di wilayah Demak, Jawa Tengah. Program kepemilikan mandiri alat mesin pertanian (alsintan) tersebut membantu petani mengolah sawah lebih mudah. 

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) menjelaskan, program Taxi Alsintan mempermudah petani untuk memiliki alsintan sebagaimana dibutuhkan.

"Taxi Alsintan ini merupakan program penyediaan alsintan secara mandiri oleh pelaku usaha di sektor pertanian melalui fasilitasi bantuan KUR," kata Mentan SYL.

Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementan, Ali Jamil menambahkan, Taxi Alsintan adalah program pengadaan alat dan mesin pertanian oleh pelaku usaha di sektor pertanian. Nantinya, akses pembeliannya menggunakan fasilitas Kredit Usaha Rakyat (KUR). KUR tak hanya berguna sast pembelian, namun juga perawatan pascapetani mendapatkan alsintan yang diinginkannya. Alsintan tersebut dikelola dan disewa oleh para petani yang membutuhkan untu kegiatan olah tanah dan panen.

"Jadi ibaratnya alsintan itu ditaxikan, disewakan kepada petani. Jika petani mau mengolah lahan, tinggal pesan ke yang menyewakan alsintan yang dibutuhkan," terang Ali.

Tahun 2022 ini Ali melanjutkan, Kementan akan bergerak cepat untuk pengembangan Taxi Alsintan di 9 provinsi sentra produksi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kementan Menggenjot Program Taxi Alsintan

Kementan menargetkan, setidaknya dalam satu kabupaten/kota terdapat empat Taxi Alsintan atau 2.000 Taxi Alsintan seluruh Indonesia. Ali menegaskan, program Taxi Alsintan murni ditujukan untuk menggenjot mekanisasi pertanian agar petani dapat beralih dari sistem konvensional.

"Saat ini, diketahui tingkat mekanisasi Indonesia di bawah lima persen. Dengan kata lain, jumlah alat yang bergerak di sawah di bawah lima unit," papar Ali.

Direktur Alsintan Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian Kementan Andi Nur Alam Syah menegaskan bahwa program Taxi Alsintan ini merupakan ide brilian dari Bapak Mentan Syahrul Yasin Limpo untuk hadirkan teknologi yang maju, mandiri, dan modern di tengah-tengah petani. 

"Melalui program ini, petani tidak lagi tertuju kepada bantuan yang berasal dari APBN, tetapi bisa mengadakan pembelian sendiri dengan insentif dari KUR," terang Andi.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.