Sukses

Harga Emas Tergelincir, Jumlah Pengangguran AS Berkurang

Harga emas turun pada hari Jumat dan membukukan penurunan mingguan usai data tenaga kerja AS keluar

Liputan6.com, Jakarta Harga emas turun pada hari Jumat dan membukukan penurunan mingguan setelah data pekerjaan AS yang kuat mendorong dolar lebih tinggi dan memperkuat taruhan bahwa Federal Reserve akan secara agresif menaikkan suku bunga.

Dilansir dari CNBC, Sabtu (2/4/2022), harga emas di pasar spot turun 0,7 persen menjadi USD 1.922,90 per ounce pada hari Jumat. Harga emas berjangka AS turun 1,4 persen menjadi USD 1.927,2.

Logam mulia membukukan penurunan 1,4 persen untuk minggu ini.

Data pekerjaan A.S. menunjukkan tingkat pengangguran turun ke level terendah baru dua tahun di 3,6 persen dan upah kembali meningkat, memposisikan The Fed untuk menaikkan suku bunga sebesar 50 basis poin pada Mei.

Data tersebut mendorong kenaikan dalam benchmark imbal hasil Treasury AS 10-tahun dan dolar, membuat emas kurang menarik bagi pembeli luar negeri.

Ekspektasi untuk kenaikan suku bunga mendorong emas lebih rendah, kata Bart Melek, kepala strategi komoditas di TD Securities, karena itu akan diterjemahkan ke dalam biaya peluang yang lebih tinggi untuk memegang emas yang tidak memberikan imbal hasil.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tren Harga Emas

Namun, dia menambahkan bahwa, "Kebijakan (Fed) masih panjang untuk menjadi netral... dan emas akan terus cukup kuat."

Sementara itu, negosiasi yang bertujuan untuk mengakhiri perang lima minggu antara Rusia dan Ukraina akan dilanjutkan bahkan ketika Ukraina bersiap untuk serangan lebih lanjut.

“Sementara krisis geopolitik tidak berlangsung selamanya, kami mengharapkan dampak sekunder dari krisis Rusia-Ukraina untuk memberikan tingkat dukungan yang kuat untuk harga emas tahun ini,” kata ANZ dalam sebuah catatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Laman ini berisi mengenai informasi seputar harga emas terbaru. Harga emas ini terus diperbarui setiap harinya.

    Harga Emas

  • Emas adalah unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki simbol Au (bahasa Latin: 'aurum') dan nomor atom 79.

    emas

  • Dolar AS adalah mata uang Amerika Serikat.

    Dolar AS