Sukses

Top 3 Bisnis: Usai Pertamax, Harga LPG 3 Kg hingga Pertalite Ikut Naik

Artikel mengenai kenaikan harga LPG dan Pertalite yang akan menyusul harga Pertamax ini menjadi berita yang paling banyak dibaca.

Liputan6.com, Jakarta Konsumen yang terbiasa menggunakan BBM nilai oktan (RON) 92 untuk bahan bakar kendaraannya, harus legowo dengan kenaikan harga Pertamax per 1 April 2022 menjadi sebesar Rp 12.500-13.000 per liter.

Namun rupanya tak hanya sampai di situ. Sebab, lonjakan harga Pertamax juga akan diikuti kenaikan harga LPG 3 kg hingga BBM Pertalite.

Hal tersebut diungkapkan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan atau Menko Luhut.

Artikel mengenai kenaikan harga LPG dan Pertalite yang akan menyusul harga Pertamax ini menjadi berita yang paling banyak dibaca. Selain itu, masih ada sejumlah berita yang tak kalah menarik.

Berikut daftar berita yang paling banyak dibaca di kanal Bisnis Liputan6.com, Sabtu (2/4/2022):

1. Menko Luhut: Usai Pertamax, Harga LPG 3 Kg hingga Pertalite Juga Naik

 Pemerintah berencana akan menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidi jenis Pertalite, Premium, hingga LPG 3 kg secara bertahap pada periode Juli hingga Maret 2022.

Hal itu disampaikan langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan atau Menko Luhut.

"Over all, yang akan terjadi itu Pertamax, Pertalite, Premium, gas yang 3 kilo itu bertahap. Jadi 1 April, nanti Juli, nanti September itu bertahap (naiknya) dilakukan oleh pemerintah," ujarnya saat meninjau Proyek LRT di Depo LRT Jabodebek Bekasi, Jumat (1/4/2022).

Baca artikel selengkapnya di sini

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Harga Pertamax Naik, 25 Persen Konsumen Diprediksi Migrasi ke Pertalite

Konsumen yang terbiasa menggunakan BBM nilai oktan (RON) 92 untuk bahan bakar kendaraannya, harus legowo dengan kenaikan harga Pertamax per 1 April 2022 menjadi sebesar Rp 12.500-13.000 per liter.

Kenaikan harga Pertamax ini diprediksi bakal turut menimbulkan efek perpindahan konsumsi ke jenis BBM dengan kadar oktan lebih rendah (RON) 90, yakni Pertalite.

Sebab, pemerintah telah menetapkan Pertalite sebagai Jenis BBM Khusus Penugasan (JBKP) dengan harga Rp 7.650 per liter di seluruh stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) milik PT Pertamina (Persero).

Baca artikel selengkapnya di sini

3 dari 3 halaman

3. Daftar Harga Pertamax dan Pertalite di 34 Provinsi Indonesia per 1 April 2022

PT Pertamina (Persero) resmi memberlakukan harga Pertamax baru di seluruh Indonesia mulai 1 April 2022, pukul 00.00 waktu setempat. Harga Pertamax terbaru kini berada pada kisaran Rp 12.500-13.000 per liter, dari sebelumnya Rp 9.000 per liter.

Penyesuaian harga oleh Pertamina ini merupakan implementasi dari Keputusan Menteri ESDM Nomor 62 K/12/MEM/2020 tentang Formula Harga Dasar Dalam Perhitungan Harga Jual Eceran Jenis Bahan Bakar Minyak Umum Jenis Bensin dan Minyak Solar yang Disalurkan Melalui Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum.

Pjs Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga Irto Ginting menyatakan, Pertamina turut mempertimbangkan daya beli masyarakat dalam kenaikan ini. Dia mengklaim harga Pertamax tetap lebih kompetitif di pasar atau dibandingkan harga BBM sejenis dari operator SPBU lainnya.

Baca artikel selengkapnya di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.