Sukses

Inilah Para Orang Terkaya di Dunia dari Bisnis Ritel, Siapa Saja?

Hurun Research Institute merilis daftar 10 Miliarder Industri Ritel Terkaya di Dunia tahun 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Ritel menjadi salah satu industri yang banyak menghasilkan miliarder atau orang terkaya di berbagai negara di dunia. 

Hurun Research Institute merilis daftar 10 Miliarder Industri Ritel Terkaya di Dunia tahun 2022, di mana terdapat sederet figur ternama.

Sebagian ritel yang masuk dalam daftar itu pun merupakan perusahaan ritel online.

Dilansir dari laman hurun.net, Minggu (3/4/2022) orang terkaya nomor dua di dunia sekaligus founder Amazon, yakni Jeff Bezos, menempati urutan teratas daftar tersebut dengan kekayaan bersih USD 188 miliar atau setara Rp 2,7 kuadriliun (asumsi kurs Rp 14.400).

Pemilik ritel Amerika Serikat Walmart, yakni Jim Walton, Alice Walton, dan Robson Walton menempati urutan kedua hingga keempat dengan masing-masing kekayaan bersih senilai USD 64-62 miliar atau Rp 891,2 triliun. 

Miliarder ritel terkaya kelima adalah mantan istri Jeff Bezos yakni Mackenzie Scott, dengan kekayaan sebesar USD 61 miliar atau Rp 876,6 triliun.

Kemudian di urutan keenam, ditempati oleh Jack Ma dan keluarganya yang memiliki raksasa retail Alibaba. 

Miliarder asal China tersebut mengantongi kekayaan bersih senilai USD 37 miliar atau Rp 531,7 triliun.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

China dan AS Dominasi Daftar Miliarder Ritel Terkaya Versi Hurun

Pemilik Schwarz yakni Dieter Schwarz berada di urutan miliarder ritel terkaya ketujuh di dunia.  Kekayaan bersihnya miliarder asal Jerman itu tercatat sebesar USD 29 miliar atau Rp 416,8 triliun. 

Radhakishan Damani yang memiliki Avenue Supermarts menjadi miliarder ritel terkaya kedelapan di dunia.

Miliarder asal India tersebut mengantongi kekayaan bersih senilai USD 23 miliar atau Rp 330,6 triliun.

Daftar miliarder ritel terkaya di dunia diikuti oleh Liu Qiangdong dan Zhang Zetian yang memiliki retail China JD, dengan masing-masing kekayaan bersih  sebesar USD 21 miliar atau Rp 301,9 triliun. 

Adapun Colin Huang yang merupakan pemilik ritel China Pinduoduo, dengan kekayaan bersih sebesar USD 19 miliar atau Rp 273,1 triliun, diikuti oleh cucu pendiri Walmart yakni Lukas Walton, dengan jumlah kekayaan bersih yang sama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.