Sukses

Harga Minyak Tersungkur Lagi Usai AS Bakal Tambah Pasokan di Pasar

Harga minyak lebih rendah pada hari Kamis karena Gedung Putih mengumumkan bahwa mereka akan melepaskan 1 juta barel per hari minyak

Liputan6.com, Jakarta Harga minyak lebih rendah pada hari Kamis karena Gedung Putih mengumumkan bahwa mereka akan melepaskan 1 juta barel per hari minyak untuk enam bulan ke depan dari Cadangan Minyak Strategis. langkah ini dilakukan dalam upaya untuk menenangkan lonjakan harga minyak dan gas.

Dikutip dari CNBC, Jumat (1/4/2022), patokan internasional minyak mentah Brent mengakhiri hari di USD 107,91, dengan kerugian 4,88 persen. Minyak mentah berjangka AS untuk pengiriman Mei ditutup 6,99 persen lebih rendah pada USD 100,28 per barel.

“Skala pelepasan ini belum pernah terjadi sebelumnya: dunia tidak pernah memiliki pelepasan cadangan minyak pada tingkat 1 juta per hari untuk jangka waktu ini. Rilis rekor ini akan memberikan jumlah pasokan bersejarah yang berfungsi sebagai jembatan hingga akhir tahun ketika produksi dalam negeri meningkat,” kata pemerintah dalam sebuah pernyataan.

Harga minyak turun tajam pada Rabu malam setelah laporan bahwa langkah seperti itu mungkin terjadi. Presiden Joe Biden akan memberikan sambutannya pada hari Kamis.

“Sulit untuk melebih-lebihkan skala intervensi ini,” kata ClearView Energy Partners. Perusahaan mencatat bahwa ini adalah rilis SPR terbesar yang pernah ada dengan faktor 3,6X. Rekor terbesar kedua adalah pelepasan 50 juta barel pada November.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dampak Perang Rusia-Ukraina

Harga bensin telah melonjak ke rekor tertinggi pada invasi Rusia ke Ukraina dan kekhawatiran pasokan berikutnya, mendorong lonjakan inflasi di seluruh ekonomi global.

Rusia adalah pengekspor minyak terbesar kedua di dunia, dan sanksi internasional yang belum pernah terjadi sebelumnya setelah invasi telah mengganggu arus keluar dari negara itu.

Dalam catatan penelitian Kamis, analis komoditas Goldman Sachs mengatakan pelepasan dari cadangan AS akan membantu pasar minyak menuju penyeimbangan kembali pada 2022, tetapi tidak akan menyelesaikan defisit strukturalnya.

“Ini akan mengurangi jumlah penghancuran permintaan yang disebabkan oleh harga yang diperlukan, satu-satunya mekanisme penyeimbangan minyak yang saat ini tersedia di dunia tanpa penyangga inventaris dan elastisitas pasokan,” kata Goldman Sachs.

“Namun, ini akan tetap menjadi pelepasan persediaan minyak, bukan sumber pasokan yang terus-menerus untuk tahun-tahun mendatang. Rilis seperti itu karena itu tidak akan menyelesaikan defisit pasokan struktural, bertahun-tahun dalam pembuatannya,” tambahnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.