Sukses

Jelang Ramadhan, Pengunjung Mal Bakal Melonjak 80 Persen

Tingkat kunjungan masyarakat ke pusat perbelanjaan atau mal meningkat hingga 80 persen menjelang bulan Ramadhan 2022.

Liputan6.com, Jakarta Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) memproyeksikan tingkat kunjungan masyarakat ke pusat perbelanjaan atau mal meningkat hingga 80 persen menjelang bulan Ramadhan 2022.

Ketua Umum APPBI Alphonzus Widjaja menyatakan, proyeksi peningkatan pengunjung ini sejalan dengan banyaknya promo yang akan di gelar sejumlah merchant di mal dalam menyambut Ramadhan dan Lebaran Idul Fitri 2022.

"Dan diharapkan memasuki bulan Ramadhan bisa mencapai 70 persen sampai 80 persen," ujarnya saat dihubungi Merdeka.com di Jakarta, Kamis (31/3/2022).

Selain promo, lanjut Alphonzus, proyeksi pertumbuhan pengunjung ini dipicu oleh kian longgarnya penerapan kebijakan pembatasan sosial atau PPKM. Menyusul, kian landainya penularan kasus harian Covid-19.

"Tingkat kunjungan ke Pusat Perbelanjaan bergerak naik secara bertahap dan perlahan sejak level PPKM diturunkan," bebernya.

Dia mencatat, saat ini, angka kunjungan pusat perbelanjaan sudah mencatatkan angka tertinggi selama pandemi berlangsung, yakni berkisar 50 persen sampai 60 persen.

"Dan diharapkan memasuki bulan Ramadhan, tingkat kunjungan ke pusat perbelanjaan bergerak naik secara bertahap," tutupnya. 

Reporter: Sulaeman

Sumber: Merdeka.com

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bioskop, Mal, hingga Tempat Ibadah di Wilayah PPKM Level 1 Bisa Beroperasi 100 Persen

Pemerintah memperpanjang kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di Jawa-Bali, sampai 4 April 2022. Dalam perpanjangan kali ini, pemerintah mengizinkan sejumlah tempat publik di wilayah PPKM level 1 beroperasi 100 persen.

Hal ini tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 18 tahun 2022 tentang PPKM Level 3, Level 2, dan Level 1 di Jawa-Bali. Aturan ini diteken Mendagri Tito Karnavian pada 21 Maret 2022.

Pemerintah kini mengizinkan bioskop yang berada di level 1 beroperasi secara penuh atau 100 persen. Sementara itu, bioskop di wilayah PPKM level 2 beroperasi 75 persen dan daerah level 3 hanya diperbolehkan 50 persen dari total kapasitas.

"Bioskop (di wilayah level 1) dapat beroperasi dengan kapasitas maksimal 100 persen dan hanya pengunjung dengan kategori Hijau dalam PeduliLindungi yang boleh masuk kecuali tidak bisa divaksin karena alasan kesehatan," demikian dikutip Liputan6.com dari salinan Inmendagri, Selasa (22/3/2022).

Selain itu, pemerintah juga memperbolehkan mal atau pusat perbelanjaan di wilayah PPKM level 1 beroperasi 100 persen sampai pukul 22.00 waktu setempat. Kemudian, tempat ibadah di kabuapaten/kota level 1 juga bisa buka 100 persen.

"Tempat ibadah (Masjid, Musholla, Gereja, Pura, Vihara, dan Klenteng serta tempat lainnya yang difungsikan sebagai tempat ibadah), dapat mengadakan kegiatan peribadatan/keagamaan berjamaah selama masa penerapan PPKM Level 1dengan maksimal 100 persenkapasitas dengan menerapkan protokol kesehatansecara lebih ketat dan memperhatikan ketentuan teknis dari Kementerian Agama," bunyi Inmendgri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.