Sukses

Terminal 1 Bandara Soetta Kembali Aktif 1 April 2022, Ini Daftar Maskapainya

Per 1 April 2022, Bandara Soekarno-Hatta mulai mengaktifkan kembali Terminal 1

Liputan6.com, Jakarta Per 1 April 2022, Bandara Soekarno-Hatta mulai mengaktifkan kembali Terminal 1. Terminal ini untuk melayani keberangkatan dan kedatangan penumpang pesawat dengan rute domestik.

Pengaktifkan kembali Terminal 1 Bandara Soekarno Hatta dilakukan setelah sebelumnya dinonaktifkan selama dua tahun atau sejak 2020. Hal ini dilakukan sejalan dengan penyesuaian operasional Bandara Soekarno-Hatta di tengah pandemi COVID-19, guna memperketat protokol kesehatan dan memperhatikan efektivitas operasional secara keseluruhan.

Pada bulan lalu Sub Terminal 1A sudah mulai diaktifkan hanya untuk melayani kedatangan penumpang pesawat pada penerbangan terakhir setiap harinya atau last flight arrival, untuk sejumlah penerbangan domestik.

Mulai 1 April 2022, Sub Terminal 1A secara penuh akan melayani keberangkatan dan kedatangan penumpang rute domestik. Maskapai yang akan beroperasi di Sub Terminal 1A mulai 1 April ini adalah Airfast, kemudian diikuti dengan Super Air Jet mulai 6 April, lalu Sriwijaya Air Group mulai 12 April dan AirAsia Indonesia juga mulai 12 April.

“AP II memastikan seluruh bandara yang dikelola, termasuk Bandara Soekarno-Hatta, untuk dapat beroperasi tangguh dan cepat beradaptasi dengan dinamisnya situasi dan kondisi di tengah pandemi COVID-19,” ujar President Director AP II Muhammad Awaluddin.

Awaluddin juga menambahkan, saat ini Bandara Soekarno-Hatta perlu melakukan penyesuaian operasional dengan pengaktifan kembali Terminal 1 untuk keberangkatan dan kedatangan penumpang. Dan AP II bersama stakeholder sudah siap menjalani ini mulai 1 April 2022.

Sementara, Executive General Manager Bandara Soetta Agus Haryadi mengatakan, diaktifkannya kembali Terminal 1 untuk melayani keberangkatan dan kedatangan penumpang pesawat guna tetap memastikan protokol kesehatan berjalan dengan baik sejalan dengan tren lalu lintas penerbangan yang ada.

“Mulai 1 April 2022, Terminal 1 kembali melayani keberangkatan dan kedatangan penumpang pesawat. Saat ini AP II dan stakeholder tengah melakukan berbagai persiapan teknis guna memastikan pengaktifan dapat berjalan lancar dengan terpenuhinya aspek pelayanan, keamanan dan keselamatan," kata Agus.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pergerakan Penumpang

Pada 7 hari terakhir, jumlah pergerakan penumpang di Bandara Soekarno-Hatta konsisten di atas 100.000 orang/hari. Bahkan pernah juga menyentuh 140.000 orang/hari atau sekitar 70 persen dari pergerakan penumpang harian sebelum adanya COVID-19 yang sebanyak 200.000 orang/hari.

Tren lalu lintas penerbangan yang ada ini juga menjadi latar belakang diaktifkannya kembali Terminal 1 untuk melayani keberangkatan dan kedatangan.

Disamping itu pengaktifan kembali Terminal 1 disiapkan juga untuk mendukung kelancaran Angkutan Lebaran 2022.

“Periode Angkutan Lebaran 2022, baik itu arus mudik dan arus balik, adalah menjadi periode yang harus diperhatikan. Pengaktifan Terminal 1 ini untuk mengakomodir dan memastikan kelancaran Angkutan Lebaran dalam,” jelas Agus Haryadi.

AP II akan memastikan kesiapan personel dan fasilitas untuk aspek keamanan, keselamatan dan pelayanan di Terminal 1. Sejalan dengan aktifnya Terminal 1 per 1 April 2022, maka keberangkatan dan kedatangan penumpang pesawt di Bandara Soekarno-Hatta dilayani 3 terminal yaitu melalui Terminal 1, Terminal 2 dan Terminal 3. (Pramita Tristiawati)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.