Sukses

Harga Minyak Meroket 4 Persen Imbas Pengetatan Pasokan

Harga minyak Brent berjangka naik 2,9 persen dan ditutup pada level di USD 113,35 per barel.

Liputan6.com, Jakarta Harga minyak naik lebih dari 2 persen pada perdagangan Rabu. Lonjakan harga minyak disebabkan oleh penarikan stok minyak mentah AS lainnya mengindikasikan pasokan yang ketat dan investor khawatir tentang kemungkinan sanksi baru Barat terhadap Rusia.

Dikutip dari CNBC, Kamis (31/3/2022), harga minyak Brent berjangka naik 2,9 persen dan ditutup pada level di USD 113,35 per barel. 

Sedangkan harga minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) AS melonjak 3,4 persen atau USD 3,58 ke level USD 107,82 per barel.

Stok minyak mentah AS turun lebih besar dari perkiraan 3,4 juta barel pekan lalu. Hal ini memangkas persediaan di konsumen utama dunia menjadi 410 juta barel, terendah sejak September 2018, data pemerintah menunjukkan.

“Persediaan minyak mentah AS telah menunjukkan penarikan lain meskipun produksi lebih tinggi dan satu lagi rilis SPR (Cadangan Minyak Strategis) yang solid ke dalam persediaan komersial,” kata Matt Smith, analis minyak utama di Kpler.

Setelah tujuh minggu bertahan di level yang stabil, produksi minyak mentah AS naik tipis 100.000 barel per hari (bph) minggu lalu menjadi 11,7 juta bph.

Sementara stok minyak mentah di SPR turun ke level terendah sejak Mei 2002, dan pemanfaatan kilang Gulf Coast naik ke level tertinggi sejak Januari. 2020.

Kenaikan harga dibatasi oleh kenaikan mengejutkan dalam stok bensin dan sulingan AS minggu lalu dan permintaan yang lebih rendah untuk kedua produk tersebut, kata para pedagang.

Analis Commonwealth Bank Tobin Gorey mengatakan selain data bullish, harga mencerminkan bahwa pasar minyak, setidaknya, memiliki tingkat skeptisisme yang kuat tentang ‘kemajuan’” dalam pembicaraan damai antara Rusia dan Ukraina.

Serangan Rusia berlanjut sehari setelah harga minyak mentah turun karena Rusia berjanji untuk mengurangi operasi militer di sekitar Kyiv.

Amerika Serikat dan sekutunya merencanakan sanksi baru pada lebih banyak sektor ekonomi Rusia, termasuk rantai pasokan militer.

“Kami akan melihat tambahan 1 juta barel per hari dari produksi Rusia dalam risiko jika hubungan dengan Eropa memburuk dan embargo minyak diberlakukan, meskipun kami masih melihat ini tidak mungkin,” kata Konsultan JBC Energy dalam sebuah catatan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ekspor Energi dan Komoditas Rusia

Kremlin mengindikasikan bahwa semua ekspor energi dan komoditas Rusia dapat dihargai dalam rubel, karena Presiden Vladimir Putin berusaha membuat Barat merasa sakit atas sanksi tersebut.

Menanggapi kemungkinan pemotongan pasokan gas Rusia, Jerman memicu rencana darurat untuk mengelola pasokan gas. Negara-negara Eropa lainnya juga mengambil langkah untuk menghemat gas.

Menjaga pasar tetap ketat, produsen minyak utama kemungkinan akan tetap pada peningkatan target produksi yang dijadwalkan sekitar 432.000 barel per hari ketika OPEC+ - Organisasi Negara Pengekspor Minyak dan sekutunya termasuk Rusia - bertemu pada hari Kamis, beberapa sumber yang dekat dengan kelompok itu mengatakan.

Tetapi melemahnya permintaan di China menekan harga minyak, karena negara itu telah memperketat pembatasan mobilitas dan penguncian terkait COVID-19 di beberapa kota termasuk pusat keuangan Shanghai.

Data AS menunjukkan pengusaha swasta mempertahankan kecepatan perekrutan yang cepat di bulan Maret, membuat investor khawatir bahwa kemungkinan kenaikan suku bunga yang cepat dapat merusak pertumbuhan ekonomi dan permintaan bahan bakar. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.