Sukses

Bantu UMKM Bangkit, Jakarta Kini Punya Saung Interaktif

Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) menjadi salah satu pilar ekonomi yang terdampak selama pandemi Covid-19

Liputan6.com, Jakarta Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) menjadi salah satu pilar ekonomi yang terdampak selama pandemi Covid-19. Namun di sisi lain, UMKM juga menjadi sektor ekonomi yang pemulihannya cukup cepat.

Saat ini, jumlah UMKM di Indonesia yakni sebesar 64,19 juta dengan komposisi Usaha Mikro dan Kecil yang dominan yakni 64,13 juta atau sekitar 99,92 persen dari keseluruhan sektor usaha.

Pengembangan sarana dan pra-sarana untuk mendukung kegiatan sosial-ekonomi, serta program pemberdayaan menjadi hal yang krusial bagi pengembangan para pelaku UMKM. Untuk itu, Danone Indonesia bersama Pemerintah DKI Jakarta meluncurkan Saung Interaktif UMKM yang berlokasi di Kantor Walikota Jakarta Timur pada 29 Maret 2022.

Anies Baswedan - Gubernur DKI Jakarta mengatakan, saung interaktif merupakan salah satu karya kolaborasi di Jakarta Timur yang ditunjukkan kepada masyarakat. Dirinya memberikan apresiasi kepada para kolaborator yakni Pemerintah Kota Jakarta Timur dan Danone Indonesia.

"Jika kita kerja bersama, banyak hal yang bisa kita berikan kepada masyarakat. Sehingga masyarakat mendapatkan manfaat. Kolaborasi agar di tingkatkan, supaya kompetensi dapat meningkat dan menghasilkan kebaruan yang dapat bermanfaat bagi masyarakat. Saya berharap program seperti ini dapat dilanjutkan dan ditiru oleh daerah lainnya," paparnya.

Sebagai bentuk dukungan kepada Pemerintah Kota Jakarta Timur dalam memfasilitasi pengembangan UMKM di wilayah Jakarta Timur terutama pasca hantaman pandemi Covid-19, Danone Indonesia menjalankan program dukungan UMKM dengan pendirian fasilitas Saung Interaktif berukuran 8 x 4 m yang didirkan di lingkungan kantor Pemerintah Jakarta Timur. Fasilitas ini diperuntukkan untuk pertemuan UMKM Jakarta Timur secara rutin yang akan di kelola oleh pemerintahan secara langsung.

M. Anwar, SSi, MAP - Wali Kota Jakarta Timur menjelaskan bahwa prioritas dukungan kepada para UMKM dalam penanganan pandemi dilakukan melalui kolaborasi multipihak dengan berbagai program yang diinisiasi.

“Saung interaktif bersama Danone Indonesia merupakan program yang berfungsi sebagai sarana interaktif dan edukasi. Saya mengucapkan kepada seluruh kolaborator yang terlibat khususnya dalam mendukung Jakarta Bangkit,” paparnya. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pelatihan

Selain pembangunan fasilitas, Danone Indonesia melalui PT Sarihusada Generasi Mahardhika juga melengkapi dukungan para UMKM melalui program pelatihan tematik bulanan serta pendampingan bisnis oleh coach secara intensif 6 bulan melalui program DAMPING yang diinisiasi oleh persahaan bersama mitra Kampus Bisnis Umar Usman.

Karyanto Wibowo – Sustainable Development Director Danone Indonesia menjelaskan, program DAMPING UMKM merupakan program yang telah dijalankan sejak tahun 2020 dan telah menebar manfaat kepada lebih dari 3.800 UMKM di seluruh Indonesia, 1.300 diantaranya mendapakan program pendampingan secara eksklusif.

"Hal ini merupakan bentuk nyata dari kami dalam memberikan dampak bagi kemajuan dari masyarakat yang sesuai dengan visi kami yakni ‘One Planet One Health.’ Lebih jauhnya dalam dukungan kepada UMKM, kami juga melibatkan sejumlah UMKM lokal di Indonesia melalui kegiatan dalam rantai bisnisnya, seperti melalui kerjasama dengan petani susu segar di Yogyakarta untuk supply bahan baku susu, melibatkan sektor informal untuk pengumpulan bahan baku plastik untuk di daur ulang serta pemberdayaan Ibu rumah tangga melalui AQUA Home Services untuk pendistribusian produk AQUA,” pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.