Sukses

Konstruksi Rampung 2022, Bendungan Ciawi Siap Hadang Banjir Jakarta

Sebagai bendungan kering, maka pengoperasian Bendungan Ciawi akan berbeda dengan bendungan lain. Waduk ini baru akan digenangi air pada musim hujan.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah merampungkan konstruksi Bendungan Ciawi di Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Bendungan kering (dry dam) ini jadi bagian dari rencana induk sistem pengendalian banjir (flood control) untuk mengurangi kerentanan bencana banjir di kawasan Jakarta.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, sebagai bendungan kering, maka pengoperasian Bendungan Ciawi akan berbeda dengan bendungan lain. Waduk ini baru akan digenangi air pada musim hujan, setipe dengan Bendungan Sukamahi di Gadog, Kabupaten Bogor yang terlebih dulu selesai konstruksi.

"Sementara pada musim kemarau bendungan ini kering. Baik Bendungan Ciawi dan Sukamahi merupakan yang pertama kalinya dibangun di Indonesia. Kedua bendungan ini bukan untuk keperluan irigasi atau air baku, namun untuk meningkatkan kapasitas pengendalian banjir," jelasnya dalam keterangan tertulis, Selasa (29/3/2022).

Konstruksi Bendungan Ciawi mulai dilaksanakan secara bertahap atau multi years contracy (MYC) sejak Desember 2016 dengan progres fisik selesai 100 persen pada 2021. Bendungan Ciawi memiliki volume tampung 6.05 juta m3 dan luas genangan 39.40 ha dengan biaya pembangunan sebesar Rp 798,7 miliar.

Pada Tahun Anggaran 2021 atau single years contracy (SYC), dilakukan pekerjaan lanjutan dengan nilai kontrak Rp 239,8 miliar untuk menyelesaikan pekerjaan akhir pada bangunan bendungan dan fasilitas umum, dengan progres fisik dan keuangan selesai 100 persen.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pekerjaan Lanjutan

Saat ini tengah dilakukan pekerjaan lanjutan II berupa timbunan dengan progres hingga 16 Februari 2022 mencapai 80,2 persen. Ditargetkan seluruh pekerjaan konstruksi selesai pada 2022.

Selain itu, Kementerian PUPR juga terus berkoordinasi dengan seluruh pihak terkait dan dan berupaya keras untuk mempercepat pembebasan lahan. Sehingga penyelesaian Bendungan Ciawi selesai sesuai target.

Berdasarkan data, progres pengadaan lahan sudah mencapai 98,83 persen dengan target penyelesaian Uang Ganti Rugi (UGR) pada April 2022.

Pengadaan lahan bendungan dilakukan dengan skema dana talangan, di mana kontraktor membiayai terlebih dahulu dan nantinya akan dibayarkan melalui Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN). Kontrak pekerjaan Bendungan Ciawi ditandatangani pada 23 November 2016 dengan kontraktor pelaksana PT Brantas Abipraya dan PT Sacna.

Bendungan ini didesain untuk mengurangi debit banjir yang masuk ke Jakarta dengan menahan aliran air dari Gunung Gede dan Gunung Pangrango sebelum sampai ke Bendung Katulampa yang kemudian mengalir ke Sungai Ciliwung. Rampungnya pembangunan Bendungan Ciawi akan mereduksi banjir sebesar 111,75 m3 per detik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.