Sukses

Bingung Pilih Rumah atau Apartemen? Pertimbangkan Kelebihan dan Kekurangannya

Jika hunian ini menjadi salah satu aset yang ingin kamu miliki, menggunakan KPR atau KPA bisa jadi salah satu solusi kamu untuk memiliki rumah atau apartemen di usia milenial.

Liputan6.com, Jakarta Setiap orang yang sedang merencanakan masa depannya, tempat tinggal atau hunian menjadi salah satu daftar keinginan yang harus terwujud. Namun nggak jarang, hunian yang dipilih bikin bingung.

Ya, banyak orang khususnya kaum muda usia produktif atau sudah menikah, bingung untuk memilih, apakah harus memilih membeli rumah atau apartemen. Sebenarnya kedua tipe hunian ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. 

Nah, biar kamu nggak bingung, yuk simak beberapa perbedaan antara rumah dengan apartemen berikut ini supaya jadi pencerahanmu untuk memilih hunian masa depan: 

1. Sertifikat Hak Milik

Jika membeli rumah sertifikat yang dimiliki adalah SHM, artinya hak milik meliputi tanah dan bangunan rumah. Jadi pembeli memiliki hak penuh untuk tanah dan bangunan, Namun, untuk pembelian apartemen sertifikat yang dimiliki adalah SHMSRS atau sertifikat hak milik satuan rumah susun. Jadi pembeli hanya berhak atas kepemilikan 1 (satu) unit saja tidak termasuk  tanah dan fasilitas lainnya.

2. Fasilitas

Salah satu keunggulan ketika kamu membeli apartemen adalah fasilitasnya. Ya, apartemen umumnya memiliki sejumlah fasilitas yang dapat digunakan para penghuninya, mulai dari kolam renang, tempat fitness, kafe, dan food court.

Sementara, jika kamu memilih untuk membeli rumah, jangan khawatir untuk fasilitas penunjangnya. Pilihlah rumah yang lokasinya nggak jauh dari rumah sakit, pusat perbelanjaan, apotek, dan tempat olahraga. Tentunya hal ini akan mempermudahmu. 

3. Harga

Apartemen menjadi hunian yang cocok buat kamu yang ingin menikmati hidup serba praktis. Umumnya apartemen memiliki tempat lebih mungil dibandingkan rumah. Hal ini tentunya akan memengaruhi harga belinya. 

Meski harga apartemen cenderung lebih murah dibandingkan dengan rumah, namun kamu harus pertimbangkan maintenance-nya. Jika kamu membeli rumah yang umumnya perawatan bersifat personal, berbeda dengan apartemen yang diatur oleh manajemennya. Biaya maintenance atau perawatannya terbilang tinggi setiap bulan. 

4. Lingkungan Sosial

Dalam poin ini, rumah dan apartemen memiliki perbedaan yang signifikan. Lingkungan apartemen lebih privat alias nggak sebebas lingkungan sosial perumahan. 

Itu artinya, tinggal di apartemen terkesan tertutup dan eksklusif, serta kamu nggak mengenal tetanggamu dengan baik. Sebaliknya, jika membeli rumah, kamu lebih mudah bersosialisasi dengan mengenal tetanggamu. 

Nah, setelah mengetahui perbedaan antara rumah dan apartemen, sekarang saatnya kamu jadi punya pertimbangan kan untuk memilih hunian tersebut? Jika hunian ini menjadi salah satu aset yang ingin kamu miliki, menggunakan KPR atau KPA bisa jadi salah satu solusi kamu untuk memiliki rumah atau apartemen di usia milenial.

Salah satu KPR atau KPA yang bisa kamu gunakan adalah KPR BTN Gaess. Produk KPR ini menawarkan banyak kemudahan bagi generasi milenial yang berusia 21-40 yang sudah memiliki penghasilan tetap, mulai dari keringanan uang muka, biaya pemesanan, serta suku bunga KPR yang terjangkau.

Ada beberapa keuntungan dari KPR BTN Gaess ini. Pertama adalah DP mulai dari 0%, jangka waktu kredit yang cukup lama hingga 30 tahun untuk KPR BTN dan 20 tahun untuk KPA BTN. Dengan begitu, cicilanmu bakalan lebih ringan.

Selain itu, bunga fixed rate 4,75% selama dua tahun. Suku bunga  ini berlaku untuk periode akad hingga 31 Desember 2022. Setelah itu, suku bunga akan naik berjenjang dan tidak langsung floating, agar nggak memberatkan kamu sebagai konsumen dalam membayar angsuran. Dengan begitu, cicilan naik bertahap dan nggak bikin ngagetin.

Jika kamu ingin segera miliki hunian idaman masa depan, bisa langsung lakukan pengajuan kredit secara online di sini dan dapatkan bebas biaya provisi dan administrasi sesuai ketentuan yang berlaku untuk periode akad hingga 31 Maret 2022.

Oh ya, khusus untuk pengajuan akad hingga 31 Maret 2022 melalui BTN Anniversary Virtual Property Expo di btnpropertiexpo.com, kamu juga berkesempatan mendapatkan bunga spesial fixed rate 3,72% selama satu tahun loh. 

Ingat karena hidup nggak cuma tentang hari ini. Yuk tunggu apalagi, segera cari hunian idamanmu dan ajukan KPR segera di sini dan temukan berbagai produk perumahan yang disediakan BTN di laman ini.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.