Sukses

Nominasi Oscar 2022 Diberi Tas Hadiah Rp 1,9 Miliar, Ternyata Ada Pajaknya

Tas hadiah senilai Rp 1,9 miliar yang ditawarkan kepada 25 nominasi Oscar 2022 menjadi sorotan.

Liputan6.com, Jakarta - Penggemar industri perfilman tengah menyambut perhelatan Academy Awards atau Piala Oscar 2022 ke-94 di Dolby Theatre, Los Angeles, AS yang berlangsung, Minggu 27 Maret 2022. 

Selain kehadiran sederet bintang Hollywood ternama, publik juga menyoroti tas hadiah senilai lebih dari USD 137.000 atau Rp 1,9 miliar yang ditawarkan kepada 25 nominasi Oscar 2022

Dilansir dari CNBC International, Senin (28/3/2022) tas hadiah yang dinamakan Everybody Wins ini didistribusikan oleh perusahaan marketing yang berbasis di LA, Distinctive Assets.

Lima aktor Piala Oscar 2022 di masing-masing kategori nominasi dan nominasi Sutradara Terbaik adalah salah satu penerima tas hadiah Everybody Wins.

Isi dari tas hadiah ini pun mencakup produk-produk mewah, mulai dari minyak zaitun yang diresapi emas hingga voucher layanan operasi plastik senilai USD 10.000 atau Rp 143,5 juta.

Namun ternyata, jika tas hadiah ini diterima, dapat menimbulkan beban pajak yang besar bagi penerimanya.

Tas hadiah dikenakan pajak karena sebenarnya bukan "hadiah" yang diberikan "semata-mata karena kasih sayang, rasa hormat, atau dorongan serupa untuk penerima."

Menurut halaman khusus di situs web IRS, tentang tas hadiah yang diberikan kepada figur di industri hiburan, sebuah tas hadiah dikenakan pajak karena sebenarnya pemberian itu bukan hadiah yang diberikan "semata-mata karena kasih sayang, rasa hormat, atau dorongan serupa untuk penerima".

"Jika Anda memikirkannya sebagai 'apa maksud dari menyediakan barang, produk, atau layanan itu?', tentu saja harapan bahwa selebriti akan menggunakan produk itu, pergi berlibur," kata Eric Bronnenkant, kepala pajak di perusahaan layanan keuangan Betterment.

"Mereka sebenarnya mencoba mempengaruhi perilaku," ujarnya. 

Bronnenkant membeberkan, nilai hadiah dihitung sebagai pendapatan atas pajak penerima. 

Untuk masyarakat berpenghasilan tinggi di negara bagian California, seperti banyak aktor Hollywood, penerimaan hadiah itu bisa berarti pengenaan tarif pajak lebih dari 50 persen. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pemberi Tas Hadiah di Oscar 2022 Tidak Berafiliasi Langsung dengan Academy Award

Pada tahun 2006, Academy Award sudah memberhentikan pemberian tas hadiah kepada tamu dan nominasinya karena pengawasan IRS.

"Tampaknya agak tidak pantas untuk memberikan ucapan terima kasih yang kemudian disertai dengan kewajiban (pajak),” kata juru bicara Academy Award kepada CNN pada tahun 2006.

Tas hadiah dari Distinctive Assets yang tidak berafiliasi dengan Academy Award, membuat para nominasi di Oscar 2022 termasuk Will Smith, Penelope Cruz dan Olivia Colman menerima formulir yang dibuat dengan seorang pengacara pajak yang menjelaskan bahwa hadiah bisnis dapat dikenakan pajak dan mereka harus berkonsultasi dengan profesional pajak. 

Tahun ini, hadiah termahal dalam tas hadiah Oscar 2022 adalah perjalanan dengan biaya penuh ke Kastil Turin di Skotlandia.

Tamu yang menerima hadiah ini akan memiliki akses penuh ke kastil bersejarah, lengkap dengan pelayan pribadi dan penginapan selama tiga malam seharga USD 50.000.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.