Sukses

Kementan Gandeng UNISMA untuk Kawal Pengembangan SDM Pertanian

Kementan menandatangani perjanjian kerja sama (PKS) dengan Universitas Islam Malang (UNISMA) untuk mengawal pengembangan profesionalisme sumber daya manusia (SDM) pertanian lewat pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta Sebagai upaya mengawal pengembangan profesionalisme sumber daya manusia (SDM) pertanian lewat pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat, Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) baru saja menandatangani perjanjian kerja sama (PKS) dengan Universitas Islam Malang (UNISMA).

Hal ini merupakan bentuk sinergitas berbagai pihak dalam mendukung lahirnya petani dan wirausaha muda pertanian demi mencapai tujuan tersebut pembangunan nasional.

"Kementan mengawal kolaborasi ini untuk mencapai tujuan bersama, menghasilkan petani milenial yang melek inovasi di era 4.0 demi ketahanan pangan nasional," ujar Mentan Syahrul Yasin Limpo.

Kesepakatan tersebut ditandatangani langsung oleh Kepala BPPSDMP Dedi Nursyamsi selaku Kepala BPPSDMP, dan Maskuri selaku Rektor UNISMA. Bertempat di UNISMA (27/03), perjanjian kerja sama ini dimaksudkan untuk membentuk kolaborasi dalam menciptakan profesionalisme SDM pertanian lewat dukungan program unggulan masing-masing pihak.

Sebagaimana disampaikan Kepala BPPSDMP Dedi Nursyamsi, secara umum tujuan yang ingin dicapai ialah terbentuknya sinergitas antara Kementan bersama perguruan tinggi dalam menghasilkan petani milenial yang melek guna mencapai ketahanan pangan nasional.

"Kita harapkan dapat saling bersinergi dengan konsep pentahelix atau multipihak, termasuk perguruan tinggi, badan atau pelaku usaha, pemerintah, akademisi, serta masyarakat, dalam menciptakan lumbung pangan baru dan mencapai ketahanan pangan nasional," kata Dedi dalam kesempatan tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

UNISMA Dukung Kebijakan Pembangunan Pertanian

Dukungan Kementan dalam kerja sama ini dibuktikan dari sejumlah poin yang menjadi tanggung jawabnya, termasuk penyediaan data dan informasi SDM pertanian, menyiapkan data terkait kebijakan strategis yang mendukung produksi ekspor impor di lokasi food estate, mendampingi pemagangan mahasiswa kuliah kerja nyata Kampus Merdeka, hingga mengembangkan teaching factory dan inkubator agribisnis bersama UNISMA.

Di sisi lain, Maskuri sebagai Rektor UNISMA menyampaikan, lewat perjanjian kerja sama yang akan berjalan hingga dua tahun ke depan ini, pihaknya siap mendukung kebijakan pembangunan pertanian.

"UNISMA akan melaksanakan pendampingan dan proses pendidikan sesuai kebutuhan dan kesepakatan untuk menghasilkan SDM yang kompetensinya dapat mendukung pembangunan pertanian," tegas Maskuri.

Menariknya, sesi penandatanganan PKS ini juga bersamaan dengan Dies Natalis ke-41 UNISMA. Sehingga hadir pula sejumlah pejabat, termasuk Wakil Presiden Indonesia Ma'ruf Amin yang memberikan kata sambutan atas pencapaian UNISMA di ulang tahun yang ke-41 ini.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.