Tren Bisnis Hadiah Digital di Indonesia Kian Menjanjikan  

Oleh Liputan6.com pada 27 Mar 2022, 09:30 WIB
Diperbarui 27 Mar 2022, 15:16 WIB
kado
Perbesar
ilustrasi hadiah/copyright unsplash/Kari Shea

Liputan6.com, Jakarta  Aggregator merchant yang memiliki spesialisasi dalam penyediaan voucher digital dan manajemen program loyalty, Aldmic COOPN Digital (Pay’s Gift) memutuskan untuk melebarkan sayap ke lini Business-to-Consumers (B2C)

Didirikan pada tahun 2015, kini Aldmic berupaya untuk menambah fokus bisnis dengan menumbuhkan budaya pemberian hadiah peer-to-peer di Indonesia.  

“Sebagai platform mobile gifting pertama di Indonesia, Pay’s Gift bertujuan untuk merevolusi kebiasaan pemberian hadiah di Indonesia dengan cara yang fleksibel, praktis, dan berkelanjutan. Kami ingin menjadikan hadiah digital sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari, terutama untuk mengekspresikan apresiasi dan terima kasih satu sama lain,” ungkap CEO Aldmic COOPN Digital Willy Thomas dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu (27/3/2022).

Langkah Aldmic untuk memasuki lini B2C dalam pemberian hadiah digital dinilai tepat. Pasalnya, menurut Global Gift Card Survey tahun 2021, pasar pemberian gift card di Indonesia akan tumbuh pesat dari USD1.365,7 juta pada tahun 2020 menjadi USD2.302,6 juta pada tahun 2025.

Laju Pertumbuhan Tahunan Majemuk (CAGR) diprediksi akan mencapai 9,9 persen per tahun pada periode 2021-2025.  

Tak hanya itu, karena masyarakat Indonesia kian terbiasa bertransaksi online, permintaan untuk voucher digital pun ikut meningkat.

Dibandingkan dengan kategori produk lain yang cenderung mengalami penurunan selama pandemi, pembelian pulsa dan voucher digital di kanal e-commerce justru naik sebesar 4 persen dari tahun 2019-2020. Berdasarkan riset SIRCLO, ditemukan pula bahwa 45,2 persen perempuan melakukan pembelian pulsa dan voucher digital secara online.  

Selain tren positif tersebut, Pay’s Gift juga meyakini bahwa Indonesia memiliki potensi penduduk dan kultur yang sejalan dengan fokus perusahaan. Dengan populasi terbanyak ke-4 di dunia, Indonesia juga memiliki kebiasaan untuk saling memberikan hadiah, terutama pada momen-momen spesial seperti Tahun Baru, Lebaran, Natal, ulang tahun, dan Imlek.

Untuk memasuki kultur tersebut, Pay’s Gift berupaya menciptakan tren baru untuk bisa saling mengirimkan hadiah kepada orang yang dikasihi, kapan pun dimana pun, bahkan tanpa perlu bertatap muka langsung (contactless). 

“Di tengah pandemi, tren mobile gifting sangat sesuai, karena pengguna dapat mengirimkan hadiah secara contactless dengan pesan personal. Misalnya, ketika ada teman yang menyukai kopi, maka kita bisa mengirimkan voucher digital pembelian kopi favorit yang bisa digunakan langsung di restoran. Lebih jauh, kami ingin menciptakan kebiasaan baru, dimana semua orang bisa mengirimkan voucher dan hadiah sewaktu-waktu, dengan harga terjangkau, mulai dari Rp20.000 saja,” tambah Willy. 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Dipercaya Berbagai Korporasi

Hadiah
Perbesar
Ilustrasi/copyright unsplash.com/Kira Au Der Heide

Bisnis manajemen program loyalty B2B dari Aldmic COOPN Digital telah dipercaya oleh berbagai korporasi, mulai dari industri FMCG, elektronik, ritel, hingga keuangan. Biasanya, perusahaan memiliki program loyalty untuk menghadiahi karyawan ataupun konsumen dengan reward tertentu.

Dengan bekerja sama dengan Pay’s Gift, karyawan bisa menukarkan poin perusahaan dengan produk atau voucher digital dari brand-brand ternama se-Indonesia. 

“Kedepannya, kami berupaya untuk terus mengembangkan jangkauan dan spesialisasi Pay’s Gift dengan menambah jumlah mitra merchant dalam platform. Tidak hanya dari segi jumlah, kami juga ingin bekerja sama dengan lebih banyak brand lokal di setiap kota. Kami juga menjajaki kemungkinan untuk membuka layanan internasional, sehingga pengguna bisa mengirimkan hadiah digital untuk teman/keluarga yang berada di negara lain,” tutup Willy.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya