Sukses

Jokowi: Pangsa Pasar Industri Keuangan Syariah RI Diproyeksikan Tembus USD 1,5 Triliun

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan Indonesia memiliki potensi yang sangat besar dalam industri keuangan syariah dan industri halal.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan Indonesia memiliki potensi yang sangat besar dalam industri keuangan syariah dan industri halal. Lantaran, pangsa pasar industri syariah dunia di tahun 2024 diproyeksikan akan terus tumbuh hingga mencapai USD 3,69 triliun.

“Berdasarkan proyeksi sebelum pandemi pangsa pasarnya diperkirakan tumbuh hingga mencapai USD 8,6 triliun. Sedangkan Indonesia diproyeksikan memiliki pangsa pasar sebesar USD 1,5 triliun,” kata Presiden Jokowi dalam Global Islamic Investment Forum merupakan acara tahunan Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH), Jumat (25/3/2022).

Menurutnya, potensi ini bisa terus ditingkatkan. Pasalnya, Indonesia merupakan negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, Indonesia memiliki jumlah jemaah haji terbesar di dunia dan sebagai negara dengan penggerak industri perhajian yang terbesar di dunia.

“Oleh karena itu, Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) memiliki peran kunci sebagai penggerak perubahan, untuk mengoptimalkan kondisi keuangan syariah melalui penempatan di bank syariah dan investasi baik di dalam maupun di luar negeri,” ujarnya.

BPKH harus mampu menjadi katalis dan penggerak yang aktif untuk membangun dan menjadikan Indonesia sebagai Hub investasi dan industri halal, dengan menjalin kolaborasi dengan berbagai entitas di dalam atau di luar negeri dan mengoptimalkan kontribusi UMKM dan pesantren dalam pengembangan industri halal.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Meningkatkan Investasi

Tak hanya itu saja, potensi Kerjasama industri halal dan Keuangan syariah harus terus diperluas dikembangkan dengan berbagai pihak, kerjasama antara layanan penghajian dengan industri keuangan syariah dan industri halal harus terus ditingkatkan.

“Saya berharap forum ini dapat mewujudkan kerjasama yang nyata meningkatkan investasi yang mempercepat pemulihan ekonomi dunia, memfasilitasi kemajuan umat Islam dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat global,” ungkap Jokowi.

Jokowi juga meyakini ekonomi syariah di Indonesia juga akan mempercepat terwujudnya kesejahteraan umat, dan masyarakat Indonesia berkontribusi mengentaskan kemiskinan, meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mendorong terciptanya keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.