Sukses

Ada Rumah Harga Rp 100 Jutaan Khusus untuk Buruh di Bekasi, Mau?

Di pertengahan semester pertama 2022, pasar rumah subsidi di wilayah Bekasi, Jawa Barat masih sangat menarik

Liputan6.com, Jakarta Di pertengahan semester pertama 2022, pasar rumah subsidi di wilayah Bekasi, Jawa Barat masih sangat menarik, karena besarnya potensi pasar rumah kelas bawah.

Bekasi, terutama Cibitung dan Cikarang merupakan wilayah yang banyak beroperasi pabrik dan industri berbagai bidang, dengan mempekerjakan puluhan ribu tenaga kerja atau karyawan. Mereka inilah yang menjadi target market bagi pasar rumah subsidi.

Namun tidak semua perumahan subsidi di Bekasi merasakan gurihnya pasar rumah subsidi. Sebab lokasi perumahan, kemudahan aksesibilitas, dan cara bayar yang gampang turut menentukan minat para pencari rumah subsidi. Salah satu perumahan yang saat ini sangat diminati adalah Perumahan Puri Harmoni Kertamukti, Cibitung, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

“Kemudahan aksesibilitas ternyata juga menjadi pertimbangan utama para pekerjaan, karena kalau aksesnya sulit, maka biaya transportasi ke tempat kerja akan lebih tinggi. Maka kemudahan sarana transportasi dan akses jalan menjadi konsen bagi konsumen rumah subsidi,” kata Ardian Hendra, General Manager Regional Timur Vista Land Group, Kamis (24/3/2022).

Ardian juga mengatakan, dengan banyaknya perumahan rumah subsidi di wilayah Bekasi, maka konsumen punya banyak pilihan. Mereka cenderung memilih perumahan yang banyak menawarkan kemudahan, terutama akses jalan yang baik dan ketersediaan sarana, seperti KRL dan angkutan umum.

“Meski letaknya di Cibitung, Kabupaten Bekasi, tapi konsumen rumah subsidi Puri Harmoni Kertamukti sebagian besar bekerja di DKI Jakarta. Mereka bekerja di Jakarta tapi rumah di Bekasi karena waktu tempuh ke tempat kerja hanya sekitar 1 jam saja,” jelas Ardian.

Saat ini, Puri Harmoni Kertamukti memasarkan rumah subsidi dengan luas bangunan 27 m2 dan luas tanah 60 m2 dengan harga Rp168 juta sesuai dengan harga yang ditetapkan pemerintah sejak tahun 2020 atau selama dua tahun ini harga tidak naik.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Laris Manis

Menurut Ardian, penjualan rumah subsidi di Puri Harmoni Kertamukti tahun 2021 sangat bagus, yaitu sekitar 350 unit rumah. Dan di triwulan pertama 2022 ini, sudah terjual sekitar 50 unit rumah subsidi yang pembelinya sebagian besar adalah karyawan swasta yang bekerja di Jakarta, dan karyawan pabrik di Cibitung dan Cikarang.

Untuk rumah subsidi, konsumen cukup membayar booking fee sebesar Rp1 juta, dan uang muka Rp2,5 juta. Jika persyaratan dokumen lengkap, maka sudah bisa akad kredit di Bank BTN sebagai rekanan Puri Harmoni Kertamukti. Spesifikasi rumah subsidi adalah dinding batako, lantai keramik, rangka atap baja ringan, genteng beton, tembok belakang, sumur air, jalan cor beton.

“Melihat tren positif yang ada, terutama makin menurunnya kasus positif Covid-19 di Indonesia dan diikuti bergeraknya aktivitas bisnis, serta beroperasinya pabrik dan industri di segala bidang, maka kami optimis, tahun 2022 ini penjualan rumah subsidi di Puri Harmoni Kertamukti akan dapat tumbuhan minimal 20 persen,” kata Ardian.

Selain rumah subsidi, ungkap Ardian, permintaan rumah komersial dengan harga terjangkau di Puri Harmoni Kertamukti juga meningkat signifikan. Peminatnya kebanyakan usia produktif, terutama kaum urban milenial, terutama pegawai BUMN, ASN, dan karyawan swasta. Mereka ini ingin memiliki rumah dengan luas tanah lebih besar dari yang standar.

“Kami juga sedang dibangun 200 unit rumah untuk ready stock, hingga konsumen yang beli tidak perlu menunggu lama untuk serah terima. Meski belum terjual, tapi kenyataannya rumah subsidi yang ready stock atau dalam progress pembangunan itu lebih cepat terjual,” pungkas Ardian.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.