Sukses

Jangan Grogi! Pelajari 7 Pertanyaan Umum Ini Saat Wawancara Kerja

Meski tidak bisa diprediksi, Anda bisa mempelajari beberapa pertanyaan umum dan paling sederhana yang mungkin akan ditanyakan tim perekrut pada saat wawancara kerja.

Liputan6.com, Jakarta Dalam wawancara kerja, kandidat tidak akan pernah tau apa saja pertanyaan yang akan diajukan oleh tim perekrut. Namun, ada beberapa pertanyaan umum yang rata-rata sering ditanyakan pada saat wawancara kerja.

Pertanyaan interview kerja bisa dibilang tidak bisa diprediksi. Jadi, Anda sebagai kandidat harus mempersiapkannya dengan baik sehingga mampu menjawab pertanyaan dengan lancar.

Meski tidak bisa diprediksi, Anda bisa mempelajari beberapa pertanyaan umum dan paling sederhana yang mungkin akan ditanyakan tim perekrut pada saat wawancara kerja.

Gary Burnison selaku CEO perusahaan konsultan Korn Ferry membagikan tipsnya terkait hal ini. Dia mengatakan, jangan pernah mengabaikan tujuh pertanyaan ini. Apa saja?

Melansir CNBC, Senin (28/3/2022), ini tujuh pertanyaan umum yang sering ditanyakan tim perekrut pada saat wawancara kerja.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1. Ceritakan tentang Diri Anda!

Bukan hanya menyebutkan apa yang ada di resume, tapi jelaskan pula realisasi yang telah dilakukan.

Jelaskan mengenai hal ini selama sekitar 30 detik. Kemudian biarkan perekrut meresponnya terlebih dahulu. Hal ini termasuk salah satu teknik untuk membuat percakapan.

 

2. Jelaskan Inisiatif Anda dalam Mengambil Keputusan untuk Suatu Tujuan!

Ketika Anda menjelaskan ini, perekrut akan mendengarkan dengan lebih detail. Hal ini dilakukan untuk menilai apakah Anda proaktif dan berorientasi pada hasil atau tidak.

Jadi, jelaskan motivasi dan upaya yang dilakukan untuk memecahkan suatu masalah atau mengidentifikasi peluang.

 

3. Apa Kemampuan yang Anda Miliki?

Dalam menjawab pertanyaan ini, kuncinya adalah memilih dua atau tiga kualifikasi utama dari pekerjaan yang dilamar. Di samping itu, jelaskan pula bagaimana upaya Anda untuk memenuhinya.

Untuk posisi junior, Anda bisa jelaskan mengenai keterampilan teknis. Namun, ketika sudah sempat berkarier, maka fokus untuk menjelaskan usaha Anda dalam mengelola, bekerja, memotivasi diri, dan terlibat dengan orang lain.

 

4. Apa Pencapaian Karier Terbesar Anda?

Ini adalah salah satu pertanyaan yang paling penting untuk dipersiapkan jawabannya. Dengan catatan, jangan berlarut-larut ketika sedang menceritakan kisah singkat dengan detail dan spesifik.

Sebaiknya pilih pencapaian yang paling relevan dengan posisi yang Anda lamar. Jangan lupa jelaskan dari proses hingga percapaian itu terwujud.

 

3 dari 3 halaman

5. Apa kelemahan Anda?

Saat ini, perekrut akan mampu menilai hanya dari cara bicara atau perkataan yang diucapkan oleh para kandidat. Terlebih ketika menjelaskan kelemahan yang dimiliki. Mereka akan tahu dengan sendirinya apakah Anda benar-benar bekerja keras atau tidak.

Oleh karena itu, dalam menanggapi pertanyaan ini, jawablah dengan sejujur-jujurnya.

 

6. Apa Masalah, Tantangan, atau Kegagalan Besar Apa yang Dihadapi? Bagaimana Anda Mengatasinya?

Selain menonjolkan keterampilan dan kompetensi, Anda juga bisa menunjukkan orientasi tujuan, etos kerja, komitmen pribadi, dan integritas yang dimiliki.

Mengatasi banyak kesulitan untuk berhasil bisa meningkatkan kualitas diri. Jelaskanlah upaya Anda untuk bertahan sehingga tantangan tersebut dapat terselesaikan dengan baik.

 

7. Mengapa Anda Ingin Bekerja di Sini?

Dalam menjawab pertanyaan ini, sesuaikan dengan bidang pekerjaan yang Anda minati di perusahaan yang bersangkutan. Anda mungkin bisa menjelaskan bahwa cocok dengan perusahaan, produk atau layanan, atau budaya kerjanya

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini