Sukses

Studi: Ini 5 Pekerjaan Paling Membosankan dan Menarik

Studi perihal pekerjaan paling membosankan dan menarik ini diterbitkan Personality and Social Psychology Bulletin.

Liputan6.com, Jakarta Bekerja terkadang bisa menyenangkan karena dengan begitu seseorang mendapatkan penghasilan. Namun, ternyata ada beberapa profesi atau pekerjaan yang terkadang terasa membosankan.

Terkait hal tersebut, para peneliti dari University of Essex di Colchester, Inggris, bertanya kepada lebih dari 500 orang di lima bidang berbeda. Topiknya tentang karier dan hobi yang dianggap paling membosankan.

Kemudian studi ini telah diterbitkan dalam Personality and Social Psychology Bulletin, yang dirilis pada awal bulan ini.

Hasilnya, pekerjaan di bidang keuangan termasuk industri yang paling membosankan di dunia. Bidang ini menempati posisi keempat dari lima slot teratas dalam daftar pekerjaan yang paling membosankan.

“Saya akan berpikir bahwa akuntan akan terlihat membosankan, tetapi efektif karena termasuk orang yang sempurna untuk melakukan pekerjaan dengan baik khususnya terkait pajak,” kata Penulis Studi dan Dosen Senior di Departemen Psikologi Universitas Wijnand Van Tilburg seperti melansir CNBC, Jumat (25/3/2022).

Tilburg mengatakan bahwa stereotip “orang membosankan” umumnya tidak disukai, dan sering dihindari oleh orang-orang di sekitarnya.

Persepsi mengenai seseorang tentu bisa berubah dari waktu ke waktu. Akan tetapi, orang yang dijuluki “membosankan” sering kali tidak mendapatkan kesempatan untuk membuktikan bahwa stereotip itu salah, kata Tilburg.

“Fakta bahwa orang memilih untuk menghindarinya dapat menyebabkan pengucilan sosial dan meningkatkan kesepian yang mengarah pada dampak negatif pada kehidupan mereka,” jelasnya lebih lanjut.

Tilburg mengungkapkan, dirinya meluncurkan penelitian ini untuk mengeksplorasi stigma seputar kebosanan dan bagaimana hal itu dapat mempengaruhi cara manusia memandang satu sama lain.

Lebih lanjut, berikut ini daftar lima teratas pekerjaan paling membosankan, paling menarik dan hobi yang paling membosankan menurut studi tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Urutan

5 pekerjaan paling membosankan

1. Analisis data

2. Akuntansi

3. Pekerja pajak/asuransi

4. Pekerja kebersihan

5. Perbankan

 

5 pekerjaan paling menarik teratas

1. Seni Drama

2. Sains

3. Jurnalistik

4. Tenaga profesional kesehatan

5. Pengajaran

 

5 hobi paling membosankan

1. Tidur

2. Keagamaan

3. Menonton televise

4. Mengamati hewan

5. Matematika

Beberapa dari pekerjaan yang membosankan memang cenderung berpenghasilan lebih tinggi dibanding yang paling menarik.

Menurut perangkat lunak kompensasi dan perusahaan data Payscale, gaji rata-rata untuk seorang analis data adalah sekitar USD 62.754 per tahun. Itu sekitar USD 10.000 per tahun lebih tinggi dibanding gaji rata-rata seseorang dalam seni pertunjukan yang berkisar USD 52.522, menurut Glassdoor.

Di samping itu, tidur digolongkan sebagai hobi paling membosankan yang bisa dimiliki siapa pun. Tidur berkualitas tinggi secara teratur sangat penting untuk produktivitas, kesehatan, dan ketajaman mental Anda, menurut penelitian lebih lanjut.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.