Sukses

Jokowi Yakin Ekonomi Indonesia Melaju Kencang di 2022, Apa Kuncinya?

Program hilirisasi industri akan terus dilanjutkan dengan turunan produk lebih banyak, lebih bervariatif menjadi salah satu kunci ekonomi Indonesia tumbuh kencang.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memaparkan sejumlah kunci agar pertumbuhan ekonomi di 2022 ini bisa melaju lebih kencang. Dengan bantalan tersebut, Mantan Gubernur DKI Jakarta pun optimistis ekonomi tahun ini bisa tumbuh lebih baik.

"Dengan fondasi-fondasi tersebut, saya meyakini kita bisa mengakselerasi pertumbuhan ekonomi kita jauh lebih baik di tahun 2022 ini," kata Jokowi dalam CNBC Economic Outlook 2022, Selasa (22/3/2022).

Kunci pertama, ia menyebutkan, program hilirisasi industri akan terus dilanjutkan dengan turunan produk lebih banyak, lebih bervariatif. Hal itu akan membuka investasi lebih besar, dan membuka lapangan kerja semakin banyak.

"Selain itu, nilai ekspor kita akan terus meningkat, terus memperbaiki balance of payment kita, dan memperkokoh fiskal serta moneter kita. Hal ini akan semakin memperkokoh fondasi perekonomian kita," ungkap Jokowi.

Kedua, pemerintah juga bakal mempercepat pengembangan ekonomi hijau. Menurut Jokowi, alam Indonesia sudah punya modal besar untuk mengembangkan ekonomi hijau yang murah.

"Listrik tenaga air, listrik tenaga bayu, listrik panas matahari, listrik tenaga bumi, sangat berlimpah di negara kita Indonesia. Kekuatan ini harus kita optimalkan untuk meningkatkan daya saing Indonesia di era ekonomi hijau ke depan," imbuh Jokowi.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ibu Kota Baru

Jokowi juga mengungkapkan komitmennya untuk membangun ibu kota negara atau IKN Nusantara di Kalimantan Timur.

"Ini merupakan pekerjaan besar yang kita mulai di tahun 2022 ini. Pengembangan IKN akan jadi salah satu motor penggerak pertumbuhan ekonomi di Indonesia, utamanya Indonesia bagian timur," ucapnya.

Pembangunan IKN Nusantara pun bakal jadi motor inovasi bagi akselerasi pembangunan ekonomi di masa depan, sekaligus membuka pintu masuk investasi.

"Saya mengajak dan mengundang para investor untuk berkontribusi dalam proses ini, ikut menjadi bagian dalam perjalanan sejarah penting bangsa, berkontribusi bagi kemajuan Indonesia dan kejayaan Nusantara," ujar Jokowi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.