Sukses

Melalui Forum TIIWG G20, Indonesia Berupaya Selaraskan Kepentingan Masyarakat Internasional

Indonesia berupaya menyelaraskan kepentingan masyarakat anggota G20 dalam mengangkat isu-isu di forum TIIWG.

Liputan6.com, Jakarta - Forum Trade, Investment and Industry Working Group (TIIWG) G20 akan membahas enam agenda prioritas.

Enam isu prioritas ini, yaitu WTO Reform; the Role of Multilateral Trading System to Strengthen the Achievement of Sustainable Development Goals; Trade, Investment, and Industry Response to the Pandemic and Global Health Architecture; Digital Trade and Sustainable Global Value Chains; Spurring Sustainable Investment for Global Economic Recovery; dan Inclusive and Sustainable Industrialization via Industry 4.0.

Direktur Jenderal Perundingan Perdagangan Internasional Kementerian Perdagangan Djatmiko Bris Witjaksono menyampaikan, Indonesia berupaya menyelaraskan kepentingan masyarakat anggota G20 dalam mengangkat isu-isu tersebut, agar terciptanya sebuah tujuan yang saling menguntungkan.

"Tentunya dalam mencapai suatu konsensus bersama, itu kita melakukan diskusi dan identifikasi awal. Isu-isu apa saja yang memang saat ini menjadi kepentingan bersama. Jadi, tidak merefleksikan hanya kepentingan Indonesia atau sekelompok dari anggota G20," kata Djatmiko pada acara Persiapan Pertemuan Pertama TIIWG yang disiarkan secara virtual, Senin (21/3/2022).

Djatmiko melanjutkan, isu-isu yang diangkat "ini merupakan hasil kolaborasi kita (Indonesia) dengan organisasi-organisasi internasional, di mana semua anggota G20 dan negara undangan menjadi bagian dari kerjasama sektoral tersebut".

"Sehingga, enam isu prioritas ini lah yang disepakati bersama," jelasnya. 

"Isu-isunya (yang diangkat) sangat relevan dengan situasi saat ini, juga bisa memberikan suatu dorongan untuk masa yang akan datang. Saya rasa itu proses yang terjadi. Kita meneruskan legacy itu juga ada. Karena G20 sudah berproses dari tahun-tahun sebelumnya. Ada memang isu-isu yang terus dilanjutkan pembahasannya karena memang sifatnya sangat penting," tambah Djatmiko.

Salah contoh satu proses itu, adalah reformasi badan perdagangan dunia atau World Trade Organization (WTO) yang sudah dibahas dalam lima presidensi G20.

"Dan pada prakteknya atau situasinya di lapangan masih diperlukan satu upaya konsensus bersama untuk mencapai reformasi di WTO. Karena peran itu sangat penting, termasuk juga masalah penguatan lembaga perdagangan multilateral," papar Djatmiko.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Harapan 6 Agenda TIIWG

Pembahasan keenam isu di TIIWG ini pun diharapkan dapat memberikan hasil konkret melalui kesepakatan tingkat Menteri yang sejalan dengan 3 deliverables utama Presidensi G20 Indonesia yaitu Arsitektur Kesehatan Global, Transformasi Ekonomi Digital, dan Transisi Energi.

Melalui keenam isu tersebut juga, Indonesia akan memastikan agenda dan kebijakan perdagangan, investasi, dan industri bagi pencapaian SDGs.

SDGs menjadi pondasi yang tidak terpisahkan dari proses agenda perubahan kebijakan tiga sektor tersebut dalam mencapai pembangunan berkelanjutan yang sejahtera, merata, dan adil, baik negara maju maupun berkembang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.