Sukses

TIIWG G20 Bakal Bahas Percepatan Reformasi WTO

Forum Trade, Investment and Industry Working Group (TIIWG) G20 akan membahas enam isu prioritas.

Liputan6.com, Jakarta - Forum Trade, Investment and Industry Working Group (TIIWG) G20 akan membahas enam isu prioritas. Salah satu hal yang akan dibahas mengenai penguatan organisasi perdagangan dunia atau World Trade Organization (WTO).

Direktur Jenderal Perundingan Perdagangan Internasional Kementerian Perdagangan Djatmiko Bris Witjaksono menyampaikan, reformasi WTO akan jadi satu bahasan penting dalam TIIWG kali yang akan digelar sebentar lagi. Apalagi, pembahasan topik ini telah berlangsung sekitar 5 kali presidensi G20.

“Ini sudah kalau tidak salah 5 kali presidensi dibahas dan memang di dalam prakteknya atau situasinya di lapangan masih diperlukan satu upaya konsensus bersama untuk mencapai reformasi di WTO, karena peran WTO sangat penting,” katanya dalam Persiapan Pertemuan Pertama TIIWG G20, Senin (21/3/2022).

Salah Satu yang jadi bahasan yakni mengenai penguatan lembaga perdagangan multilateral. Harapannya, dengan bahasan ini bisa memperkuat upaya pembangunan berkelanjutan.

“Bagaimana bisa berperan lebih apa maksimal dalam rangka mewujudkan capaian kinerja pembangunan berkelanjutan,” katanya.

Djatmiko menyampaikan program inin merupakan program Perserikatan Bangsa-Bangsa yang diikuti hampir seluruh negara anggotanya. Program ini ditarget bisa tercapai pada 2030 mendatang.

“Bagaimana disini intinya G20 bisa mendorong upaya untuk mencapai SDGs (Sustainable Development Goals) itu di tahun 2030 ini terpenuhi,” ujarnya.

Bahasan mengenai reformasi WTO ini, kata dia, bagian dari kesepakatan bersama negara-negara anggota G20. Bahasan ini melengkapi juga enam isu prioritas yang dibahas dalam TIIWG G20 kali ini.

“Tentunya kita di dalam mencapai satu konsensus bersama itu kita melakukan diskusi dan melakukan identifikasi awal, isu-isu apa saja yang memang saat ini menjadi kepentingan bersama jadi tidak merefleksikan hanya kepentingan Indonesia atau sekelompok dari anggota G20,” paparnya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Enam Isu Prioritas

Pertemuan ini mengangkat enam isu prioritas, yaitu WTO Reform; the Role of Multilateral TradingSystem to Strengthen the Achievement of Sustainable Development Goals; Trade, Investment, andIndustry Response to the Pandemic and Global Health Architecture; Digital Trade and Sustainable Global Value Chains; Spurring Sustainable Investment for Global Economic Recovery; dan Inclusiveand Sustainable Industrialization via Industry 4.0.

Pembahasan isu-isu tersebut diharapkan dapat memberikan hasil konkret melalui kesepakatan tingkat Menteri yang sejalan dengan 3 deliverables utama Presidensi G20 Indonesia yaitu Arsitektur Kesehatan Global, Transformasi Ekonomi Digital, dan Transisi Energi.

Melalui keenam isu tersebut, Indonesia akan memastikan agenda dan kebijakan perdagangan,investasi, dan industri bagi pencapaian SDGs. SDGs menjadi pondasi yang tidak terpisahkan dari proses agenda perubahan kebijakan tiga sektor tersebut dalam mencapai pembangunan berkelanjutan yang sejahtera, merata, dan adil, baik negara maju maupun berkembang.

3 dari 3 halaman

Infografis Indonesia Terima Tongkat Estafet Presidensi G20

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.