Sukses

16 Ribu Kendaraan Listrik Sudah Mengaspal di Indonesia hingga 16 Maret 2022

Kolaborasi antara pemerintah dan swasta seperti ini diharapkan bisa membangun ekosistem kendaraan listrik di 2030 dan net zero emission di 2060.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyampaikan, telah ada 16.060 kendaraan listrik yang beroperasi di Indonesia hingga 16 Maret 2022. Dalam mendorong pengembangannya, ia menilai kerja sama antara pemerintah dan perusahaan swasta penting untuk dilakukan.

“Dapat kami sampaikan perkembangan data sampai 16 Maret 2022, ada 16.060 unit kendaraan listrik, terdiri dari roda tiga, bis barang, landasan barang, landasan bis dan roda dua,” kata Direktur Sarana Transportasi Jalan Kemenhub Danto Restiawan membacakan sambutan Menhub Budi Karya, dalam MoU Grab, Swap, Smoot dan PLN, Senin (21/3/2022).

Ia menyambut baik kesepakatan kerja sama antara Grab Indonesia, PLN, Smoot, dan Swap ini. ia berharap ini mampu mendukung percepatan proses pembangunan ekosistem kendaraan listrik terintegrasi. Diketahui kerja sama ini berkaitan dengan penyediaan pasokan listrik hingga penggunaan kendaraan listrik.

“Kolaborasi antara pemerintah dan swasta seperti ini diharapkan bisa membangun ekosistem kendaraan listrik di 2030 dan net zero emission di 2060,” katanya.

“Percepatan implementasi program KBLBB untuk mempererat ketahanan energi dengan mengurangi impor BBM, sekaligus mendorong program pemerintah untuk penurunan emisi gas rumah kaca,” imbuhnya.

Informasi, Kemenhub sendiri diakui telah memiliki roadmap atau peta jalan dalam misi pengurangan emisi karbon. Khususnya di sektor penggunaan kendaraan listrik. Untuk itu, telah disusun penggunaan kendaraan listrik dimulai dari lingkup pemerintahan dan perusahaan pelat merah lebih dulu.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tak Bisa Sendiri

Lebih lanjut, dalam sambutan Menhub Budi yang dibacakan Danto, dalam membangun ekosistem kendaraan listrik diperlukan kolaborasi. Artinya, hal ini tak bisa dilakukan sendiri-sendiri.

“Dalam membangun EV Ecosystem tak bisa dilakukan terpisa, harus terintegrasi lintas sektor, baik swasta dan pemerintah. Ini akan mempercepat pengembangan ekosistem yang terintegrasi di Indonesia,” katanya

Ini pula, yang diakuinya sejalan dengan prioritas dalam agenda G20 pada tema transisi energi. Khususnya dalam mendorong penggunaan dan pengembangan ekosistem kendaraan listrik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Kementerian Perhubungan adalah sebuah kementerian dalam Pemerintah Indonesia yang membidangi urusan transportasi.

    Kementerian Perhubungan

  • Kemenhub adalah singkatan dari Kementerian Perhubungan, yang merupakan salah satu kementerian di Indonesia.

    kemenhub

  • Mobil listrik, mobil yang digerakkan dengan motor listrik,pakai energi listrik yang disimpan dalam baterai atau tempat penyimpan energi lain

    Kendaraan Listrik

  • Mobil listrik, mobil yang digerakkan dengan motor listrik,pakai energi listrik yang disimpan dalam baterai atau tempat penyimpan energi lain

    Mobil Listrik

  • Motor listrik merupakan jenis kendaraan roda dua yang memanfaatkan energi listrik untuk bisa bergerak.

    Motor Listrik

  • Emisi Karbon