Sukses

BSD City Jadi Kiblat Pengembangan Kawasan Hunian IKN Nusantara

Kementerian PUPR melakukan studi banding pembangunan kawasan perumahan di ibu kota negara atau IKN Nusantara, ke kawasan Bumi Serpong Damai (BSD) di Tangerang Selatan.

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), melaksanakan penyusunan perencanaan serta studi banding pembangunan kawasan perumahan di ibu kota negara atau IKN Nusantara, ke kawasan Bumi Serpong Damai (BSD) di Tangerang Selatan.

Seperti diketahui, BSD City dikembangkan oleh Sinarmas Land, yang salah satu petingginya kini jadi Wakil Kepala Otorita IKN, Dhony Rahajoe.

"Kami dari Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR melakukan studi banding ke Sinarmas Land, untuk mempelajari beberapa konsep dan strategi serta desain pengembangan yang telah dilaksanakan di BSD City," ujar Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Iwan Suprijanto dalam keterangan tertulis, Senin (21/3/2022).

Iwan menjelaskan, pengembangan dan pembangunan kawasan perumahan serta permukiman oleh Sinarmas Land sangat baik, dan bisa dilaksanakan di daerah lain. Dia percaya, koordinasi antara pemerintah dan pengembang BSD bakal mewujudkan lingkungan yang tertata.

Selain itu, pihak Sinarmas Land juga menyesuaikan pembangunan sesuai dengan kontur alam serta menjaga sekaligus kelestarian lingkungan dengan baik. Pengembangan kawasan dengan mendorong pemanfaatan teknologi informasi juga didukung dengan pelestadian sosial budaya lokal yang ada, membuat kawasan semakin maju dan menarik minat para investor untuk berinvestasi di daerah tersebut.

"Kami cukup mendapatkan informasi yang baik dari SInarmas Land dan kiranya sangat bermanfaat bagi kami dalam rangka mempersiapkan, khususnya perencanaan dan pengelolaan perumahan yang akan kita kembangkan di Ibu Kota Negara ke depannya," kata Iwan.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pengembangan Kawasan BSD

Sebagai perbandingan, Ditjen Perumahan Kementerian PUPR coba melihat konsep pengembangan kawasan BSD City, dengan meninjau sejumlah proyek seperti Gedung Sinar Mas Land Plaza, Gedung Green Office Park (GOP) 9, ruang pusat kendali atau command center Kawasan BSD, Grha Unilever, serta mall tanpa dinding The Breeze.

"Ada beberapa hal yang dikembangkan oleh BSD terkait dengan pentahapan pembangunan. Kemudian beberapa konsep hijau atau green, smart dan berkelanjutan atau sustainable yang tampaknya harus diadopsi sekaligus menyiapkan fasilitas untuk kelompok-kelompok milenial yang akan pindah di IKN," tutur Iwan.

Di sisi lain, perwakilan Sinarmas Land, Ignesjz Kemalawarta turut memaparkan sejumlah program dan kebijakan dalam pembangunan BSD City. Antara lain, pembangunan awal kawasan, transisi menuju pembangunan rendah emisi karbon, serta transformasi menjadi kota berbasis digital.

"Kami akan mempelajari terlebih dulu apa saja yang bisa dilaksanakan Sinarmas Land dalam pembangunan IKN. Pada dasarnya Pembangunan IKN ini sebenarnya suatu tahap yang sangat strategis dalam rangka menyeimbangkan pembangunan barat dan timur," paparnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.