Sukses

Mendag: Minyak Goreng Melimpah, Daging dan Gula Harga Bagus

Dengan banjirnya stok minyak goreng di pasaran, Mendag berharap harga akan menurun seiring seiring banyaknya stok dan merek yang tersedia.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi mengejek sejumlah ritel modern. Ia menyebut stok minyak goreng melimpah dan bahan pokok lainnya terpantau aman.

Mendag Lutfi diketahui meninjau dua ritel modern yaitu TipTop Rawamangun Jakarta Timur dan Diamond Artha Gading Jakarta Utara. Hasilnya, ia menemukan kebutuhan pokok tersedia dan harga sesuai.

"Tadi sudah kita lihat bersama, minyak goreng kemasan sudah mulai normal bahkan melimpah. Berdasarkan informasi dari penjual, banyaknya permintaan toko (service level) terhadap kebutuhan minyak goreng sudah bisa dipenuhi 100 persen. Saya juga melihat ketersediannya cukup," katanya mengutip keterangan resmi, Jumat (18/3/2022).

Dengan banjirnya stok di pasaran, Mendag berharap harga akan menurun seiring seiring banyaknya stok dan merek yang tersedia.

"Nanti, jika merek minyak gorengnya makin banyak, harganya akan menurun sesuai dengan kompetisi dan leveling dari market mereka. Kita akan kerjakan bersama-sama," katanya.

"Mudah-mudahan kita dapat menghasilkan harga yang lebih baik pada waktu yang tidak akan lama. Diperkirakan dalam seminggu ke depan merek-merek sudah mulai keluar dan harganya sudah bisa lebih baik," terang Mendag Lutfi.

Dalam kunjungan tersebut, Mendag Lutfi didampingi Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Oke Nurwan dan Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Indrasari Wisnu Wardhana.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Harga Daging dan Gula

Sementara itu, dalam kunjungannya ke TipTop, Mendag juga mengecek harga gula dan harga daging.

"Harga daging terpantau masih stabil di kisaran Rp 80.000-Rp 120.000 per kg, sedangkan harga gula dijual Rp 13.500 per kg. Harganya masih bagus semua," ungkap Mendag.

Mendag juga menyampaikan apresiasi kepada Ketua Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Roy Mandey yang telah memastikan bahwa ritel modern ikut membantu penjualan dan distribusi barang pokok dan barang penting untuk kebutuhan menjelang bulan Ramadan dan Lebaran.

Selanjutnya, Kementerian Perdagangan akan bersinergi dengan Kementerian Perindustrian untuk memastikan ketersediaan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.