Sukses

Menhub Perkirakan Ada 100 Penerbangan di Masa Puncak Lonjakan Penumpang ke MotoGP Mandalika

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memperkirakan puncak pergerakan penumpang ke Lombok untuk menyaksikan MotoGP Mandalika 2022 terjadi mulai hari ini.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memperkirakan puncak pergerakan penumpang ke Lombok untuk menyaksikan MotoGP Mandalika 2022 terjadi mulai hari ini Jumat (18/3/2022).

Agar pergerakan tersebut lancar, Menhub melakukan kunjungan kerja ke Mandalika untuk mengecek sarana dan prasarana transportasi dan memastikan konektivitas transportasi dari dan ke Mandalika berjalan lancar.

“Pesan dari Presiden Jokowi, persiapan pelaksanaan MotoGP ini harus betul-betul disiapkan dengan serius. Kami memastikan pergerakan dari dan menuju ke Lombok dan Mandalika maupun pergerakan lalu lintas di sekitar kawasan Sirkuit berjalan dengan lancar,” kata Menhub Budi Karya Sumadi.

Menhub mengecek sejumlah fasilitas, diantaranya yaitu di Bandara Internasional Lombok, kawasan Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika, Pelabuhan Gili Mas, dan Kapal KM Kelud yang menjadi tempat akomodasi terapung bagi para penonton MotoGP yang tidak mendapatkan hotel.

Menhub juga melakukan rapat koordinasi bersama Komandan Lapangan MotoGP Mandalika Hadi Tjahjanto dan meninjau pusat komando di area sirkuit.

Ia memperkirakan ada sekitar 100 penerbangan di masa puncak lonjakan penumpang.

“Kita memberikan pergerakan khusus terutama di tiga hari ke depan. Selain Bandara di Lombok, Bandara Soetta, Juanda dan Ngurah Rai, dan Makassar juga disiapkan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang,” jelas Menhub.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Akomodasi Alternatif

Ia mengatakan PT Pelni telah menyediakan akomodasi alternatif bagi para penonton balapan MotoGP yang tidak kebagian hotel di Mandalika. Tempat itu disediakan gratis bagi mereka yang memiliki tiket menonton MotoGP.

Kapal tersebut memiliki total kapasitas 1.500 kamar dan telah siap digunakan penonton MotoGP mulai tanggal 17-21 Maret 2022.

Berdasarkan informasi dari PT Pelni, hingga siang ini para penonton yang sudah melakukan pemesanan sebanyak 353 orang.

Adapun sejumlah persyaratan untuk dapat menikmati hotel terapung KM Kelud ini, antara lain memiliki tiket menonton Moto GP 2022, memiliki sertifikat vaksin dosis dua, memiliki aplikasi PeduliLindungi, membawa alat perlengkapan mandi dan handuk pribadi, melakukan proses reservasi (tidak menerima tamu walk-in).

Dalam layanan Hotel Terapung di KM Kelud ini tidak disediakan sarapan, namun tersedia kantin di atas kapal.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.