Sukses

Ini Syarat Aktivasi EFIN Buat Lapor SPT Secara Online Lewat e-Filing

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan telah memudahkan masyarakat yang ingin menyampaikan SPT secara online yaitu melalui e-filing.

Liputan6.com, Jakarta Salah satu syarat lapor SPT Tahunan secara online melalui e-filing adalah menggunakan Electronic Filing Identification Number atau EFIN. Lantas bagaimana bila belum punya atau lupa EFIN?

Bila hal itu terjadi, Wajib Pajak tidak perlu khawatir. Sebab, permasalahan tersebut dapat diatasi dengan mengajukan permohonan EFIN.

Sebelumnya, Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan telah memudahkan masyarakat yang ingin menyampaikan SPT secara online yaitu melalui e-filing.

Seperti mengutip informasi dari website kemenkeu.go.id, Jumat (18/3/2022), e-filling ini adalah suatu cara penyampaian SPT Tahunan PPh secara elektronik yang dilakukan secara online dan real time melalui internet pada website DJP Online.

Akan tetapi, pelaporan SPT menggunakan e-filing ini harus menggunakan nomor identitas yang diterbitkan oleh DJP langsung kepada pembayar pajak. Istilah tersebut lebih dikenal dengan EFIN atau Electronic Filing Identification Number.

Jadi, sebelum lapor SPT, Wajib Pajak harus memastikan dulu bahwa EFIN sudah dimiliki. Bila belum punya atau lupa EFIN, Wajib Pajak bisa mengajukan permohonan aktivasi EFIN.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Syarat Aktivasi EFIN

Lantas bagaimana caranya?

Seperti informasi dari akun Instagram @ditjenpajakri, berikut ini syarat-syarat aktivasi atau lupa EFIN.

1. Pertama, scan formulir permohonan EFIN yang dapat diunduh di www.pajak.go.id/id/formulir-permohonan-EFIN

2. Selanjutnya, foto atau scan KTP

3. Kemudian foto atau scan NPWP

4. Dilanjutkan dengan foto selfie sambil memegang KTP dan NPWP

5. Terakhir, kirim permohonan EFIN melalui e-mail resmi KPP terdaftar

Bagi yang belum mengetahui e-mail KPP yang terdaftar, masyarakat bisa mengeceknya di www.pajak.go.id/wilayah-administrasi.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.