Sukses

ADB Siap Bantu Indonesia Wujudkan IKN Nusantara Netral Karbon

ADB akan membantu merancang kota, mengkaji potensi dampak lingkungan dan sosial, serta menggalang pembiayaan dari sumber pemerintah dan sektor swasta dalam pembangunan IKN Nusantara.

Liputan6.com, Jakarta - Asian Development Bank (ADB) siap membantu Otorita IKN Nusantara untuk mewujudkan ibu kota negara yang inklusif dan netral karbon. ADB juga bakal membagikan pembelajaran internasional dalam mendanai pembangunan IKN Nusantara.

"ADB siap membantu untuk merencanakan relokasi bersejarah ibu kota Indonesia dari Jakarta ke Nusantara," tutur Wakil Presiden ADB Ahmed M. Saeed dalam keterangan tertulis, Jumat (18/3/2022).

ADB akan membantu merancang kota, mengkaji potensi dampak lingkungan dan sosial, serta menggalang pembiayaan dari sumber pemerintah dan sektor swasta guna mendukung pembangunan IKN Nusantara.

Langkah pertama, ADB akan mendukung Otorita IKN Nusantara menyelenggarakan konferensi internasional untuk mempelajari bagaimana negara lain melaksanakan pembangunan kota yang netral karbon dan inklusif.

Selain itu, ADB akan membagikan pembelajaran internasional untuk mendukung Otorita IKN Nusantara mendesain dan mendanai pembangunan ibu kota baru.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pengalaman

Kepala Otorita IKN Nusantara Bambang Susantono menyampaikan ucapan terimakasih atas dukungan ADB dalam pembangunan IKN Nusantara. Dia menyebut, akan banyak pengalaman yang diperoleh atas kerja sama dalam membangun kota yang inklusif dan netral karbon.

"Terdapat banyak pengalaman di tempat-tempat lain dalam menciptakan kota yang inklusif dan netral karbon, sehingga kami menantikan kerja sama dengan ADB agar dapat memahami pengalaman tersebut dan memanfaatkan pembelajaran yang sudah diperoleh," pungkasnya.

Reporter: Sulaeman

Sumber: Merdeka.com

3 dari 3 halaman

Infografis Ibu Kota Negara Baru Bernama Nusantara

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.