Sukses

Peduli Lingkungan, DANA Ajak Milenial Ubah Sampah Jadi Saldo DANA

Melalui DANA Lestari, DANA menggandeng Duitin (Daur Ulang Itu Ini) dan MallSampah sebagai platform yang memfasilitasi kegiatan daur ulang secara online.

Liputan6.com, Jakarta Semangat melestarikan lingkungan melalui peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) di Februari 2022 lalu dan menyambut peringatan Hari Bumi di bulan April mendatang ikut dirasakan oleh DANA.

Melalui DANA Lestari, DANA menggandeng Duitin (Daur Ulang Itu Ini) dan MallSampah sebagai platform yang memfasilitasi kegiatan daur ulang secara online, serta memungkinkan pengguna untuk meminta pengambilan sampah ke rumahnya untuk kemudian mendapatkan imbalan atau reward.

Imbalan yang terkumpul dalam kedua aplikasi tersebut dapat dengan praktis ditukarkan menjadi saldo DANA karena telah terintegrasi secara langsung.  

Di sisi lain, DANA bersama kedua mitra, Duitin dan MallSampah, sekaligus mengedukasi melalui media sosial resmi terkait bagaimana langkah-langkah penggunaan dan penukaran imbalan, serta memberikan pemahaman baru kepada masyarakat bahwa tumpukan sampah plastik pasca konsumsi dapat dimanfaatkan kembali dan ditukar menjadi saldo DANA yang bernilai ekonomi.

Bukan hanya secara online, DANA Lestari juga hadir secara langsung ke masyarakat dengan mengadakan kegiatan edukasi daur ulang sampah dan penukaran saldo DANA di Kota Magelang. Kegiatan ini mendapatkan respon positif dari masyarakat, termasuk generasi muda di sana.

DANA menyadari bahwa pengelolaan sampah plastik pasca konsumsi, khususnya yang dihasilkan rumah tangga, telah menjadi sebuah persoalan yang menjadi perhatian masyarakat global dalam beberapa tahun terakhir. 

Berdasarkan data dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Indonesia menghasilkan sekitar 66 juta ton sampah per tahun, yang mana persentase sampah plastik menempati posisi kedua setelah sampah sisa makanan dengan jumlah sebesar 17%. Padahal, plastik sebenarnya merupakan bahan baku yang memiliki nilai ekonomi untuk masyarakat.  

Bercermin dari situ, kemudahan opsi penukaran imbalan yang ditawarkan dari adanya kolaborasi dengan Duitin dan MallSampah di bawah inisiatif DANA Lestari, diharapkan dapat meningkatkan minat dan tanggung jawab masyarakat dalam penanganan sampah plastik pasca konsumsi secara berkelanjutan, serta di sisi lain mendorong terciptanya ekosistem ekonomi sirkular di Indonesia.

Sejauh ini, bobot sampah yang telah dikonversi menjadi saldo DANA, yaitu sebesar 3.394 kg pada aplikasi Duitin, serta 511 kg pada aplikasi MallSampah. 

"Sebagai perusahaan teknologi inovasi, kami sadar bahwa teknologi yang kami miliki dapat bermanfaat luas. Kolaborasi ini tentu saja tidak hanya menggambarkan aksesibilitas dan kapabilitas DANA yang semakin meningkat, tetapi juga menunjukkan bagaimana teknologi dapat turut berkontribusi terhadap keberlanjutan lingkungan di tengah gaya hidup digital yang menjadi preferensi saat ini," kata Agustina Samara, Chief People & Corporate Strategy Officer DANA Indonesia.  

Agdya Fasanto, CEO sekaligus Founder Duitin menyampaikan Duitin berkolaborasi bersama DANA dalam rangka proses percepatan perolehan hasil daur ulang.

"Kemudahan dalam mengadaptasi teknologi tentu sangat diperlukan dan kolaborasi ini salah satu hasilnya. Duitin dan DANA telah berkomitmen untuk terus melakukannya, agar bumi tempat kita hidup dan berkehidupan dapat terhindar dari dampak buruk dari pengelolaan sampah yang belum tepat," ujarnya.

Sementara itu, Adi Saifullah Putra, CEO MallSampah menyebutkan bahwa mengubah kebiasaan masyarakat untuk memilah dan mendaur ulang sampah dari rumah merupakan hal yang tidak mudah namun sangat dibutuhkan. 

"Kolaborasi dengan DANA akan membantu mempromosikan pemilahan sampah dari sumbernya, beserta pemberian bonus pengumpulan. Hal ini diharapkan membantu meningkatkan angka pengumpulan dan daur ulang di masyarakat," sebutnya.

Yuk, download & pakai DANA sekarang untuk dukung pelestarian lingkungan demi masa depan yang lebih baik.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini