Sukses

Jokowi Sebut 2022 Jadi Momen Penting Pengembangan Kendaraan Listrik

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menilai, tahun 2022 ini akan jadi momen penting bagi Indonesia untuk mengembangkan ekosistem mobil listrik

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) menilai, tahun 2022 ini akan jadi momen penting bagi Indonesia untuk mengembangkan ekosistem mobil listrik. Itu akan dimulai dengan pengembangan baterai kendaraan listrik.

Hal itu ditandai dengan adanya beberapa investor yang bersiap memulai konstruksi, untuk mengolah nikel dan kobalt menjadi bahan material lithium baterai.

"Tahun 2022 akan menjadi momen penting untuk pengembangan baterai lithium untuk kendaraan listrik. Pada tahun 2024 mobil-mobil listrik yang diproduksi di Indonesia sudah menggunakan baterai listrik dan juga komponen-komponen penting lainnya yang diproduksi di negara kita Indonesia," ujarnya saat meresmikan pabrik PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia dan meluncurkan mobil listrik IONIQ 5, Rabu (16/3/2022).

Pemerintah disebutnya bakal terus mendorong peningkatan local content kendaraan listrik. Itu dilakukan dengan memberikan insentif, memangkas berbagai hambatan regulasi.

"Sehingga industri hulu dari kendaraan listrik juga akan tumbuh, yang sekaligus menciptakan lapangan kerja dan melakukan substitusi impor," imbuh Jokowi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dukungan Pemerintah

Jokowi menyatakan, pemerintah akan selalu mendukung setiap investasi kendaraan listrik di Indonesia. Juga soal pengembangan industri hulunya, terutama industri baterai.

"Seperti hari ini Hyundai meluncurkan mobil listrik Hyundai IONIQ 5. Mobil ini menjadi mobil listrik pertama yang dibuat di Indonesia, yang diproduksi untuk memenuhi pasar Indonesia maupun pasar ekspor," jelasnya.

"Saya harapkan mobil listrik Hyundai IONIQ 5 ini akan menjadi milestone penting dalam pengembangan kendaraan listrik di Indonesia, memajukan pengembangan mobil listrik yang semakin canggih dan diminati," seru Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Mobil listrik, mobil yang digerakkan dengan motor listrik,pakai energi listrik yang disimpan dalam baterai atau tempat penyimpan energi lain

    Mobil Listrik

  • Hyundai Motor Group adalah perusahaan global yang memproduksi mobil, baja, dan konstruksi serta mencakup logistik, keuangan, IT, dan jasa.

    Hyundai Motor Group

  • Mobil listrik, mobil yang digerakkan dengan motor listrik,pakai energi listrik yang disimpan dalam baterai atau tempat penyimpan energi lain

    Kendaraan Listrik

  • Hyundai