Sukses

Jokowi Luncurkan Mobil Listrik Pertama Indonesia, Produksi Hyundai

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pabrik PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia, dan meluncurkan mobil listrik IONIQ 5

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pabrik PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia, dan meluncurkan mobil listrik IONIQ 5 di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Rabu (16/3/2022) siang.

Jokowi pun mengaku berbangga bisa meluncurkan mobil listrik pertama di Tanah Air.

"Hari ini saya datang ke Bekasi untuk menyaksikan dan meluncurkan mobil listrik (hyundai) IONIQ 5. Momen yang terus saya tunggu-tunggu karena kita ingin segera melakukan transisi besar-besaran dari mobil yang menggunakan bahan bakar fosil ke mobil listrik yang ramah lingkungan," ujarnya dalam video peresmian, Rabu (16/3/2022).

"Ke depan kendaraan listrik harus menjadi moda transportasi utama kita. Termasuk menjadi tumpuan untuk transportasi ramah lingkungan yang dikembangkan juga nantinya Ibu Kota Negara Nusantara," kata Jokowi.

Jokowi mendorong Indonesia agar jadi pemain penting dalam global supply chain di industri mobil listrik. Menurutnya, negara ini memiliki sumber daya mineral yang sangat besar untuk mendukung pengembangan mobil listrik.

"Kita punya nikel, kita punya kobalt sebagai material penting untuk baterai lithium. Bauksit yang bisa diolah menjadi aluminium dan kemudian dapat dimanfaatkan untuk kerangka mobil listrik, serta tembaga yang dibutuhkan untuk baterai dan sistem kabel di mobil listrik," paparnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hilirisasi

Hilirisasi bahan-bahan mentah mineral jadi kunci nilai tambahnya meningkat, dan memberikan hasil yang optimal. Program itu disebutnya jadi kunci penting agar Indonesia bisa membangun ekosistem kendaraan listrik yang kuat.

"Tanpa ekosistem yang kuat di dalam negeri, kita akan sulit bersaing dengan negara lain dalam membangun industri mobil listrik," ujar Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Hyundai Motor Group adalah perusahaan global yang memproduksi mobil, baja, dan konstruksi serta mencakup logistik, keuangan, IT, dan jasa.

    Hyundai Motor Group

  • Listrik adalah daya atau kekuatan yang dapat digunakan untuk menghasilkan panas, cahaya, atau untuk menjalankan suatu mesin.

    Listrik

  • Mobil listrik, mobil yang digerakkan dengan motor listrik,pakai energi listrik yang disimpan dalam baterai atau tempat penyimpan energi lain

    Mobil Listrik

  • Hyundai