Sukses

Budaya Organisasi Punya Peran Besar dalam Pelaksanaan Bisnis

Budaya dapat mempengaruhi banyak aspek dalam organisasi, antara lain pada cara pengelolaan bisnis, pada output produk atau jasa yang dihasilkan.

Liputan6.com, Jakarta Budaya dapat mempengaruhi banyak aspek dalam organisasi, antara lain pada cara pengelolaan bisnis, pada output produk atau jasa yang dihasilkan, pada kesetiaan pelanggan, dan reputasi organisasi, yang semuanya punya pengaruh pada bottom line.

“Budaya adalah bagaimana bisnis beroperasi dan publik semakin kritis melihat bagaimana nilai perusahaan telah melekat dalam budaya perusahaan dan tercermin dalam prosedur kerja dan pengambilan keputusan bisnis, dan berharap komitmen perusahaan untuk memastikannya melalui pengelolaan dan pengukuran antara lain melalui review berkala," kata  Head of Governance Risk Control & Technology Consulting RSM Indonesia Angela Simatupang dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (15/3/2022). 

Dalam webinar yang diadakan oleh RSM Indonesia yang bertajuk Organization Culture Audit, turut hadir Partner Governance Risk Control RSM Indonesia GMB Daniel Probo dan Senior Manager Governance Risk Control Practice RSM Indonesia Kresna Cahya Andika sebagai narasumber. 

“Bila kita membicarakan profit atau margin, pasti erat kaitannya dengan tujuan yang ingin dicapai. Namun, sering kali kita lupa bahwa budaya organisasi turut berperan di dalam pelaksanaan bisnis sehari-hari yang dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut,” ujar GMB Daniel Probo. 

Berdasarkan definisinya, budaya organisasi adalah jenis sikap dan cara kerja yang disepakati bersama oleh stakeholder internal, atau suatu cara organisasi menjalankan aktivitas bisnis, meliputi aktivitas, proses, pengambilan keputusan, filosofi yang terkait dengan nilai/asumsi/kepercayaan para stakeholder internal dimana itu akan terwujud dalam perilaku yang dijalankan sehari-hari. Hal ini juga akan berpengaruh dalam penanganan masalah yang muncul sebagai bagian dari pengelolaan risiko. 

Sedangkan untuk sisi manajemen, budaya organisasi dapat digunakan untuk mempromosikan organisasi kepada karyawan maupun calon karyawan sehingga nilai perusahaan naik di antara stakeholder internal.

Untuk eksternal organisasi, budaya mencerminkan integritas organisasi sehingga berdampak dalam hubungan bisnis mereka apabila dihubungkan dengan pembagian informasi dan transparansi. 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Audit Internal

Peran audit internal dalam suatu organisasi antara lain sebagai pihak yang objektif dalam mengumpulkan, mengevaluasi, dan mengkomunikasikan aktivitas atau proses pemeriksaan; meningkatkan dan melindungi nilai organisasi dengan cara menyediakan saran dan masukan terkait penanganan risiko; serta merekomendasikan nilai-nilai yang dapat memengaruhi tujuan, program, dan aktivitas organisasi. 

“Hubungan budaya organisasi dengan kendali di sekitarnya sangatlah erat karena berkaitan dengan efektivitas kerja kerja. Sikap dan tindakan yang diambil oleh manajemen akan memengaruhi komponen seperti lingkungan, penanganan risiko, aktivitas, informasi dan komunikasi, serta pengawasan," jelas Senior Manager Governance Risk Control Practice RSM Indonesia Kresna Cahya Andika.

Sehingga, audit internal memiliki peran penting dalam mengidentifikasi komponen kunci dalam budaya organisasi, penyesuaian ekspektasi dan pertimbangan stakeholder kunci, arah tujuan organisasi, pertimbangan dalam penilaian juga identifikasi budaya yang akan diturunkan pada karyawan baru.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.