Sukses

Transformasi Digital di Mata Menko Airlangga: Bagai 2 Sisi Mata Uang

Menteri Koordinasi Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, mewaspadai proses transformasi digital yang terjadi saat ini.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Koordinasi Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, mewaspadai proses transformasi digital yang terjadi saat ini.

Bukan hanya dari sisi positifnya saja, fenomena ini justru potensi merugikan jika tidak bisa dikelola dengan tepat.

"Digitalisasi berkembang pesat seperti dua sisi mata uang. Di satu sisi melakukan percepatan pemulihan dengan konektivitas yang cepat, di lain pihak menciptakan kesenjangan karena masalah literasi dari masyarakat," ujar Menko Airlangga dalam sambutan video pada Kick Off Digital Economy Working Group G20 2022, Selasa (15/3/2022).

"Transformasi digital juga tidak sebatas teknologi dan juga lifestyle, tetapi mengurangi gap dan mempercepat keseimbangan, juga mendukung pemulihan yang cukup cepat," dia menambahkan.

Dengan memegang Presidensi G20 2022, Indonesia lantas menempatkan isu digitalisasi sebagai salah satu katalisator utama sumber pertumbuhan perekonomian.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pemanfaatan Digital

Melalui Presidensi G20, Pemerintah RI ingin membahas pemanfaatan digital dalam tiga kerangka utama, yakni di lingkup kesehatan global, transformasi ekonomi berbasis digital, serta transisi energi.

"Komitmen anggota G20 dalam pembahasan perkembangan teknologi digital, termasuk ekonomi digital, terwujud dengan meningkatkan digital ekonomi tax force menjadi digital ekonomi working group dalam Presidensi G20 Italia tahun lalu," paparnya.

"Dengan elevasi tersebut, digital ekonomi working group diberi mandat untuk melakukan pembahasan ekonomi secara lintas sektor, mewujudkan ekosistem yang inklusif, memberdayakan masyarakat, dan berkelanjutan," tandas Menko Airlangga.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.