Sukses

PLN Mobile: Solusi Kelistrikan Ada di Genggaman Tangan Anda

Perusahaan Listirk Negara (PLN) terus mengembangkan layanan demi mengakomodir kemudahan pelanggan dalam menikmati layanan listrik.

Liputan6.com, Jakarta Perusahaan Listrik Negara (PLN) terus mengembangkan layanan demi mengakomodir kemudahan pelanggan dalam menikmati layanan listrik. Salah satunya melalui aplikasi PLN Mobile yang menjadi Aplikasi andalan dari PT PLN (Persero). 

Lewat PLN Mobile masyarakat lebih mudah untuk mengakses layanan maupun pengaduan kapan pun di mana pun tanpa harus datang ke kantor PLN.

Fitur-fitur yang dihadirkan di aplikasi PLN Mobile antara lain layanan pembelian token dan pembayaran listrik di mana transaksi bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun selama 24 jam. Kemudian tersedia pula layanan pengajuan pemasangan listrik baru dan pengaduan. Pengaduan dimaksud seperti gangguan kelistrikan maupun keluhan seperti halnya listrik padam dan lain sebagainya.

Fitur lainnya adalah Catat Meter, dimana, pelanggan dapat menggunakan layanan tersebut secara mandiri tanpa harus menunggu petugas PLN datang keliling setiap bulan dari rumah ke rumah. Caranya pun cukup mudah, foto meteran kemudian catat angkanya dan kirim melalui PLN Mobile.

Selanjutnya Info Stimulus. Artinya, pelanggan bisa mengetahui apakah daya listrik yang digunakan setiap hari masuk sebagai penerima stimulus atau tidak. Di situ, cukup memasukkan ID Pelanggan, secara otomatis akan ada jawaban dari server.

Kemudian layanan pengajuan Sambungan Baru. Layanan tersebut jadi salah satu andalan yang sangat memudahkan pelanggan. Di fitur itu, masyarakat yang hendak melakukan penyambungan baru tinggal klik dan memasukkan data yang dibutuhkan.

Pelanggan cukup mengisi data-data pribadi seperti nama, nomor KTP, alamat, daya yang diinginkan, pilih tarif untuk rumah tangga atau bisnis. Isi alamat email pelanggan untuk info jumlah yang harus dibayarkan. Setelah daftar nanti akan muncul laman register untuk pembayaran. Pembayaran bisa melalui PLN Mobile, di bank, atau menggunakan Gopay.

Fitur berikutnya adalah Penambahan Daya. Perubahan ini bisa dilakukan misalnya untuk daya 450 VA menjadi 900 VA atau 1.300 VA. Terdapat juga juga Simulasi Biaya yang dapat dimanfaatkan ketika pelanggan ingin mengetahui biaya pemasangan baru maupun tambah daya. 

Selain kemudahan di atas, PLN juga menyajikan petunjuk sederhana sehingga memberikan kecepatan dalam proses transaksi. Setidaknya ada tiga pilihan menu yang dapat digunakan untuk melakukan pembayaran tagihan atau membeli token listrik.

Berikut langkahnya:

Opsi Pertama

1. Pilih menu "Kelistrikan"

2. Pilih ID Pel yang akan dilakukan proses pembayaran rekening listrik, atau

3. Menuju pada menu "Pemberitahuan" (untuk ID pelanggan pascabayar yang telah didaftarkan pada akun PLN Mobile)

Opsi Kedua

1. Pilih Menu "Token dan Pembayaran"

2. Masukkan Nomor ID pelanggan yang akan dilakukan pembayaran (apabila belum terdaftar pada akun PLN Mobile), atau

3. Pilih ID pelanggan yang akan dilakukan pembayaran (apabila sudah terdaftar pada akun PLN Mobile)

Opsi Ketiga

Menuju pada fitur "Pemberitahuan", apabila pelanggan telah mendaftarkan ID Pel pada PLN Mobile akan tampil pemberitahuan antara lain:

1. Tagihan Listrik (Pasca Bayar)

2. Sisa Token (Pra Bayar)

3. Pemadaman yang terjadi hingga info Nyala akibat pemadaman.

Setelah memilih salah satu opsi di atas, pelanggan akan ditujukan untuk melakukan pembayaran.

- Akan tampil daftar tagihan, pilih tagihan yang terbit, pilih "PILIH TAGIHAN"

- Akan muncul detail tagihan pilih "LANJUTKAN PEMBAYARAN"

- Muncul halaman pembayaran, Pelanggan dapat memilih metode pembayaran dengan pilih

"GANTI METODE PEMBAYARAN". Apabila sudah memilih metode pembayaran, pilih "BAYAR"

- Akan tampil Batas Waktu Pembayaran, selesaikan pembayaran, apabila telah selesai, pilih "LIHAT TRANSAKSI SAYA", akan terhubung ke halaman riwayat transaksi.

- Pelanggan akan menerima notifikasi di HP-nya seperti gambar di atas.

Sementara itu, untuk pembelian token listrik, setelah memilih salah satu opsi di atas, pelanggan akan diarahkan pada instruksi sebagai berikut:

- Setelah pilih ID Pel/No Meter, akan tampil daftar tagihan, pilih "BELI TOKEN".

Praktis bukan? Tunggu apalagi download PLN Mobile Apps sekarang dan nikmati berbagai kemudahannya.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.