Sukses

Pengaduan, Pasang Listrik, hingga Beli Token Makin Mudah dengan Aplikasi PLN Mobile

Perusahaan Listrik Negara (PLN) terus meningkatkan pelayanan berbasis layanan digital dengan meluncurkan Aplikasi PLN Mobile.

Liputan6.com, Jakarta Seiring perkembangan teknologi digital yang semakin diterima masyarakat, Perusahaan Listrik Negara (PLN) juga ikut meningkatkan pelayanan berbasis layanan digital dengan meluncurkan Aplikasi PLN Mobile.

Aplikasi ini diluncurkan sebagai sarana bagi pelanggan untuk menemukan solusi seputar kelistrikan, mulai dari pengajuan pemasangan listrik baru, ubah daya, monitoring pemakaian pasca bayar, pengaduan gangguan/keluhan, hingga pembelian token listrik.

  • Untuk menikmati berbagai layanan tersebut pelanggan cukup melakukan beberapa langkah sederhana sebagai berikut:
  • Unduh aplikasi PLN Mobile lewat toko aplikasi Google Play Store (Android) atau App Store (iOS)
  • Kemudian, instal dan buka aplikasi PLN Mobile
  • Klik opsi “Daftar Sekarang” Masukkan nama lengkap Anda
  •  Masukkan alamat e-mail dan nomor ponsel aktif milik Anda
  • Pada kolom selanjutnya, masukkan password untuk akun PLN Mobile, lalu masukkan ulang password tersebut untuk mengonfirmasi
  • Setelah itu, klik "Daftar"
  • Kemudian, Anda perlu memasukkan lokasi tempat Anda tinggal dan memasukkan IDPEL (ID Pelanggan) atau 11-12 digit nomor yang biasa tercantum di perangkat meteran listrik Anda.

Sekarang Anda bisa menikmati berbagai layanan PLN cukup melalui smartphone Anda. Apabila Anda adalah pelanggan baru atau ingin mengajukan pemasangan listrik baru sekarang Anda tak perlu repot-repot datang ke kantor cabang PLN cuku melalui Aplikasi PLN Mobile.

Pengajuan pemasangan jaringan listrik baru lewat Aplikasi PLN Mobile

Ikuti langkah ini untuk pengajuan pemasangan listrik baru lewat Aplikasi PLN Mobile:

  • Buka aplikasi PLN Mobil di ponsel Anda, lalu log in/masuk menggunakan akun yang telah Anda buat tadi
  • Kemudian, pada halaman awal aplikasi, klik opsi “Penyambungan Baru
  • Setelah itu, klik opsi “mulai”   Selanjutnya, Anda akan diminta untuk mengisi beberapa informasi terkait pengajuan pasang listrik baru, seperti lokasi, daya listrik yang dibutuhkan, data pelanggan, dan sebagainya.

Anda juga bisa melihat status permohonan pemasangan listrik baru dengan cara sebagai berikut:

  • Pilih ikon foto profil yang berada di pojok untuk mengakses menu profil
  • Kemudian pilih opsi “Daftar Riwayat
  • Terakhir, pilih opsi “Permohonan

Setelah Anda melakukan pengajuan pasang listrik baru Anda tinggal menunggu petugas PLN bakal datang ke lokasi yang telah Anda masukkan tadi untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut dan pemasangan listrik.

Pihak PLN menjanjikan penyambungan listrik baru bakal dikerjakan dengan cepat one day service setelah petugas menerima order dari PLN Mobile. Praktis bukan!

 

Nah, selanjutnya bila Anda memiliki kendala atau gangguan listrik juga bisa menyampaikan laporan gangguan layanan kelistrikan melalui PLN Mobile. Ada dua opsi yang dapat ditempuh yakni dengan menggunakan identitas pelanggan terdaftar (ID Pelanggan) atau nomor meteran, atau menggunakan titik lokasi.

Untuk pengaduan masalah listrik caranya sebagai berikut:

  • Buka Aplikasi PLN Mobile
  • Pilih “PENGADUAN” di halaman depan Aplikasi
  • Pilih jenis pengaduan yang ingin diajukan
  • Pada kolom yang disediakan, masukkan ID pelanggan yang ingin diadukan. Anda juga dapat memasukkan ID pelanggan atau nomor meter lain. 

Jika pelanggan tidak mengetahui nomor ID pelanggan, maka cukup tunjukkan lokasi melalui map yang disediakan. Tentukan lokasi, kemudian pilih “Konfirmasi”.

Isikan data lokasi yang sesuai, kemudian pilih lanjutkan. Jangan lupa, lampirkan foto kendala (bila ada), dan input deskripsi laporan, lanjutkan dengan pilih “Kirim Pengaduan”.

Pelanggan akan menerima Nomor Laporan dengan format yang telah ditentukan. Lalu Pilih “OK” sehingga laporan diteruskan ke pihak terkait, sementara layar gawai diteruskan ke halaman Riwayat Pengaduan.

Nantinya, pelanggan tinggal melacak status penanganan gangguan yang dilakukan oleh petugas PLN terhadap laporan secara real time. Mulai dari waktu laporan diterima, status petugas menuju lokasi gangguan, status pekerjaan penanganan gangguan oleh petugas hingga status permasalahan pelanggan selesai diatasi.

Beli Token Listrik

Tak hanya mengajukan pasang listrik baru dan pengaduan kendala kelistrikan Anda juga bisa beli token listrik via PLN Mobile. Bagi Anda pelanggan listrik prabayar, Anda bisa membeli token listrik mulai dari harga Rp5.000 hingga maksimal Rp1.000.000  lewat PLN Mobile. Cara membeli token listrik via PLN Mobile ini cukup mudah, simak penjelasan berikut ini:

  1. Buka aplikasi PLN Mobile
  2. Pilih fitur “TOKEN  DAN PEMBAYARAN”
  3. Masukkan Nomor ID pelanggan yang akan dilakukan pembayaran (jika belum terdaftar pada akun PLN Mobile), atau
  4. Pilih ID pelanggan yang akan dilakukan pembayaran (jika sudah terdaftar pada akun PLN Mobile)
  5. Setelah pilih ID Pel/No Meter, akan tampil daftar tagihan, pilih “BELI TOKEN”
  6. Pilih nominal token yang akan dibeli, pilih “LANJUTKAN PEMBAYARAN”
  7. Muncul halaman pembayaran, pelanggan dapat memilih metode pembayaran dengan pilih “GANTI METODE PEMBAYARAN”. Apabila sudah memilih metode pembayaran, pilih “BAYAR”.
  8. Pilih metode pembayaran
  9. Akan tampil batas waktu pembayaran, selesaikan pembayaran. Apabila telah selesai, pilih “LIHAT TRANSAKSI SAYA”, akan terhubung ke halaman riwayat transaksi.
  10. Tampilan Riwayat Transaksi. Pelanggan akan menerima notifikasi di gawainya.

 

Benar-benar praktis bukan? Tunggu apalagi download Aplikasi PLN Mobile sekarang dan nikmati beragam kemudahannya.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.