Sukses

Harga Emas Lebih Murah usai Imbal Hasil Treasury AS Naik

Harga emas turun pada hari Senin karena imbal hasil Treasury AS naik karena ekspektasi kenaikan suku bunga,

Liputan6.com, Jakarta Harga emas turun pada hari Senin karena imbal hasil Treasury AS naik karena ekspektasi kenaikan suku bunga, dengan selera risiko yang lebih tinggi di tengah harapan perdamaian antara Rusia dan Ukraina mengurangi daya tarik safe-haven emas lebih lanjut.

Dikutip dari CNBC, Selasa (15/3/2022), harga emas di pasar spot turun hampir 1,6 persen menjadi USD 1.953,40 per ounce. Emas berjangka AS turun 1,5 persen menjadi USD 1.955,8 per ounce.

“Salah satu alasan utama adalah melonjaknya imbal hasil treasury. Pasar juga tampaknya memperkirakan pertemuan FOMC pada hari Rabu di mana Fed mungkin mulai memulai siklus pengetatan. Jadi, ini adalah faktor negatif untuk emas,” kata Margaret Yang, ahli strategi di DailyFX.

“Mengingat fakta bahwa kedua belah pihak bersedia untuk berbicara, saya pikir yang terburuk dari krisis Ukraina mungkin ada di belakang kita. Tidak mungkin harga emas akan melonjak melampaui level tertinggi sebelumnya dari minggu lalu atau mencapai rekor tertinggi dalam waktu dekat.”

Patokan imbal hasil Treasury AS 10-tahun mencapai 2,09 persen pada Senin pagi, titik tertinggi sejak Juli 2019, karena Federal Reserve AS secara luas diperkirakan akan menaikkan suku bunga seperempat poin persentase pada acara dua hari akhir pekan ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penguatan Pasar Saham

Emas sangat sensitif terhadap kenaikan suku bunga AS, yang meningkatkan biaya peluang memegang emas batangan yang tidak memberikan imbal hasil.

Menekan permintaan safe-haven emas, saham global menguat pada hari Senin di tengah harapan jeda dalam krisis Ukraina bahkan ketika pertempuran berkecamuk.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.