Sukses

Sambut MotoGP, ASDP Habiskan Rp 3 M Renovasi Pelabuhan di NTB dan Bali

PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) melakukan revitalisasi pelabuhan dengan merenovasi dan memperluas ruang tunggu penumpang di Pelabuhan Lembar, Nusa Tenggara Barat dan Pelabuhan Padangbai, Bali.

Liputan6.com, Jakarta PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) telah melakukan revitalisasi pelabuhan dengan merenovasi dan memperluas ruang tunggu penumpang di Pelabuhan Lembar, Nusa Tenggara Barat dan Pelabuhan Padangbai, Bali.

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin, menjelaskan, renovasi dan perluasan ruang tunggu penumpang yang merupakan bagian dari rencana revitalisasi prasarana sejumlah pelabuhan dalam menghadirkan layanan prima kepada pengguna jasa dengan tetap memperhatikan aspek keselamatan, keamanan dan kenyamanan.

"Hal ini juga sebagai wujud dukungan ASDP terhadap perhelatan Kejuaraan Dunia World Superbike (WSBK) dan MotoGP di Mandalika, Lombok khususnya bagi masyarakat yang akan menuju wilayah Lombok dengan menggunakan kapal penyeberangan, baik akses dari Ketapang (Jawa Timur), dari Padangbai (Bali), maupun dari Sumbawa (Kayangan-Pototano)," kata Shelvy, Senin (14/3/2022).

ASDP melalui Cabang Lembar mengucurkan dana sekitar Rp 3 miliar untuk merenovasi 2 ruang tunggu penumpang di Padangbai dan Lembar, serta melakukan pembetonan terhadap pelebaran akses jalan masuk ke pelabuhan yang ditargetkan rampung sebelum perhelatan MotoGP berlangsung pada 18-20 Maret 2022.

Puncak Penyeberangan 19-20 MaretASDP Cabang Lembar memperkirakan puncak lonjakan penumpang penyeberangan menuju Mandalika dari Bali menuju Lombok akan terjadi pada 19-20 Maret mendatang. Ditargetkan untuk penyelenggaraan perhelatan di sirkuit internasional ini dapat menggaet hingga 60.000 penonton.

General Manager ASDP Cabang Lembar Muhammad Yasin mengatakan, pada pekan lalu tiket MotoGP telah terjual lebih dari 21.000 lembar, dimana sekitar 4 persen penonton berasal dari Bali.

"Di lintasan Padangbai - Lembar produksi penyeberangan mulai alami peningkatan pada periode akhir Februari hingga Maret. Bila dibandingkan data tahun lalu, telah terjadi kenaikan sekitar 12 persen yang didominasi penumpang pejalan kaki, sepeda motor dan kendaraan truk yang mengangkut logistik kegiatan MotoGP. Estimasi kami pada 19-20 Maret 2022 akan terjadi lonjakan penumpang dan kendaraan di Padangbai, yang akan menuju Lombok," tuturnya merinci.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pengoperasian Kapal

Adapun ASDP mengoperasikan 13 unit kapal per hari dari total 24 kapal dengan kapasitas rata-rata penumpang per kapal sebanyak 300 orang, 72 unit roda dua, dan 32 unit roda empat. ASDP juga telah mempersiapkan langkah antisipasi jika lonjakan terjadi dengan mempercepat waktu bongkar muat dari 40 menit menjadi 20 menit dalam kondisi sangat padat, agar tidak terjadi antrian.

Menyangkut kesiapan arus lalu lintas dan jalur transportasi menuju dan keluar dari tempat event MotoGP Mandalika 2022 yang diselenggarakan di Pertamina Mandalika International Street Circuit, telah disiapkan sejumlah simpul-simpul transportasi yakni Pelabuhan Gili Mas, Pelabuhan Lembar, Pelabuhan Bangsal, Pelabuhan Kayangan, Pusat Kota Mataram (Ex Bandara Selaparang), dan Bandara Internasional Zainuddin Abdul Majid (BIZAM).

Dari beberapa titik itu disediakan 278 unit bus antarmoda bantuan dari Kemenhub dengan rincian 27 unit bus besar, 70 unit bus sedang, 181 unit bus kecil, serta mengoptimalkan angkutan umum yang ada di Lombok. Adapun headway pelayanan bus antarmoda ini diperkirakan sekitar 5-25 menit.  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.