Sukses

Harga Emas Turun, Investor Prediksi Kenaikan Suku Bunga The Fed

Harga emas melemah pada hari Jumat.

Liputan6.com, Jakarta Harga emas melemah pada hari Jumat. Berkonsolidasi pada akhir minggu yang bergejolak karena investor menaksir potensi kenaikan suku bunga dari Federal Reserve AS. Akan tetapi analis memperingatkan eskalasi di Ukraina dapat memacu permintaan safe-haven lebih lanjut.

Dikutip dari CNBC, Sabtu (12/3/2022), harga emas di pasar spot turun 0,3 persen pada USD 1,991.20 per ounce pada 1050 GMT, tetapi tetap siap untuk kenaikan mingguan sekitar 1,2 persen. Emas berjangka AS turun 0,1 persen pada USD 1,997,70.

Harga emas sekarang berkonsolidasi, dengan kemungkinan kenaikan suku bunga dari Federal Reserve AS menambah beberapa tekanan sementara investor menunggu perkembangan tambahan seputar Ukraina, kata Brian Lan, direktur pelaksana di dealer GoldSilver Central.

Inflasi AS menggelembung pada bulan Februari, data menunjukkan pada hari Kamis, mengunci ekspektasi untuk kenaikan suku bunga minggu depan, yang pada gilirannya akan diterjemahkan ke dalam peningkatan biaya peluang untuk memegang emas yang tidak memberikan imbal hasil.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perang Rusia-Ukraina

Sementara imbal hasil yang kuat untuk saat ini menyeret emas, yang berhenti sejenak untuk bernafas, eskalasi di Ukraina akan membuang faktor teknis "keluar jendela," kata Michael Hewson, kepala analis pasar di CMC Markets UK.

Investor bergegas ke aset-aset safe-haven karena krisis Ukraina semakin membesar, mendorong harga emas pada hari Selasa mendekati level rekor mereka yang dicapai pada Agustus 2020, tetapi reli sejak itu melambat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.