Sukses

Briefer, IGICO dan Rumah Perubahan Beri Penghargaan pada 10 Brand Pemberdaya UKM

Selama ini tak sedikit brand yang secara berkesinambungan mengembangkan dan menggerakkan pelaku UKM.

Liputan6.com, Jakarta - Briefer, IGICO Advisory dan Rumah Perubahan berikan apresiasi pada 10 brand atau merek yang konsisten memberdayakan pelaku usaha kecil dan menengah (UKM). Penghargaan ini merupakan bagian dari rangkaian acara seminar diskusi, pameran UKM dan coaching clinic “Empowering SMEs to Recover Stronger” yang digelar secara hybrid pada Jumat (11/3/2022).

Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi dalam pembukaan seminar dan diskusi ini menjelaskan, kolaborasi dan inovasi adalah kunci utama perkembangan usaha kecil dan menengah (UKM). Dimana dukungan dan peran serta dari berbagai pihak terkait diperlukan agar UKM bisa bersaing di ranah global mulai dari pemasaran hingga teknologi digital.

Founder sekaligus Chief Executive Officer Briefer Aditya Sani mengatakan, selama ini tak sedikit brand yang secara berkesinambungan mengembangkan dan menggerakkan pelaku UKM. Baik melalui edukasi pengembangan usaha, maupun berbagai macam bentuk fasilitasi dalam memberdayakan UKM di Indonesia.

Hal itu tak terlepas dari posisi UKM yang sangat strategis, yakni sebagai tulang punggung ekonomi negara. Pasalnya UKM menyedot porsi 90 persen lebih terhadap total pelaku usaha di Tanah Air, pun demikian dengan kontribusi terhadap penyerapan tenaga kerja. Segmen UKM juga berkontribusi hingga 61 persen terhadap PDB.

“Oleh karena itu, penghargaan ini kami berikan terhadap brand karena telah berkontribusi dalam pemberdayaan pelaku usaha di segmen UKM. Upaya tersebut harus diapresiasi karena menggambarkan kolaborasi dalam pembangunan ekonomi di mana pelaku usaha skala besar, juga pemerintah dapat mendorong dan menopang pertumbuhan pelaku ekonomi di segmen yang jauh lebih kecil,” tutur Aditya dalam keterangan tertulis. 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pemenang Penghargaan

Penghargaan diberikan kepada brand dari berbagai kategori, yaitu Perbankan Konvensional, Perbankan Syariah, E-Commerce, E-Payment, Ride Hailing, Logistic Service, Penyelenggara Internet, Media, Pemerintah Kota dan Pemerintah Provinsi.

Aditya menjelaskan kriteria penilaian yang menjadi dasar dari pemberian penghargaan ini adalah aktivitas kampanye komunikasi, komitmen beraksi, dan berbagai inovasi yang diciptakan untuk membantu pelaku UKM.

Juga dampak yang berkelanjutan atas berbagai aktivitas dari brand kepada pelaku UKM di Indonesia. Briefer bersama IGICO dan Rumah Perubahan berharap, penghargaan ini akan menjadi pendorong dan motivasi bagi para pemilik brand agar terus berupaya secara konsisten bertumbuh, terutama di tengah situasi pandemi yang masih berlangsung.

Pemberian penghargaan tersebut dilaksanakan pada Jumat, 11 Maret 2022 pukul 11.00 sampai dengan 11.30 WIB di Rumah Victoria, Rumah Perubahan Jakarta Escape.

Adapun penghargaan Brand Pemberdaya UKM diberikan kepada:

● Kategori Bank Konvensional - Bank BRI

● Kategori Bank Syariah - Bank BSI

● Kategori E-Payment - OVO

● Kategori E-Commerce - Tokopedia

● Kategori Penyedia Internet - Indihome

● Kategori Ride Hailing - Grab

● Kategori Pemerintah Daerah - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah

● Kategori Pemerintah Kota - Pemerintah Kota Surakarta

● Kategori Ekspedisi Logistik - JNE

● Kategori Media - Bisnis Indonesia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.