Sukses

KAI dan Summarecon Kerja Sama Bangun TOD Bekasi

KAI menandatangani Nota Kesepahaman atau MoU dengan Summarecon guna membangun ekosistem transportasi di wilayah perumahan

Liputan6.com, Jakarta PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI menandatangani Nota Kesepahaman atau MoU dengan Summarecon guna membangun ekosistem transportasi di wilayah perumahan. Sebagai langkah awal akan dibangun skybridge sepanjang 510 meter.

MoU ini berisi tentang rencana kerja sama pembangunan akses di Stasiun Bekasi dalam rangka pengembangan kawasan berorientasi transit Summarecon Bekasi. Artinya, kerja sama ini akan memudahkan akses transportasi bagi penduduk di Summarecon Bekasi.

Penandatanganan MoU tersebut dilakukan oleh Direktur Perencanaan Strategis dan Pengembangan Usaha KAI Jeffrie N. Korompis serta Direktur Summarecon Jason Lim, disaksikan oleh Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo dan Direktur Summarecon Herman Nagaria di Stasiun Gambir, Jakarta, Kamis (10/3/2022).

Dalam bahasa populer, inin berarti pengembangan kawasan Transit Oriented Development (TOD) Summarecon Bekasi. Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo mengatakan, KAI menyambut baik dan mengapresiasi adanya penandatanganan MoU ini. Hal ini selaras dengan visi KAI yaitu menjadi solusi ekosistem transportasi terbaik untuk Indonesia.

“Pengembangan kawasan TOD di Stasiun Bekasi ini akan memberikan nilai tambah yang baik bagi masyarakat dan perkembangan bisnis kedua perusahaan. Sinergi ini juga akan mengembangkan visi dan misi KAI untuk membangun transportasi yang berkelanjutan serta aman, nyaman, dan sehat tentunya," ujar Didiek, mengutip keterangan resmi, Kamis (10/3/2022).

Sebagai langkah awal, Summarecon akan membangun terminal multimoda yang akan terhubung langsung dengan Stasiun Bekasi dengan menggunakan skybridge sepanjang 510 meter. Terminal multimoda ini akan menjadi hub kawasan di sekitarnya yaitu area perumahan, perkantoran, dan mixed use super block.

KAI terus membangun integrasi dan konektivitas transportasi massal khususnya di Jabodetabek untuk memberikan manfaat yang lebih besar bagi masyarakat. Peningkatan konektivitas tersebut diharapkan dapat meningkatkan penggunaan transportasi massal semakin lebih pesat.

Kolaborasi ini pula merupakan salah satu upaya KAI dalam hal mengoptimalkan aset perusahaan guna memberikan peningkatan pelayanan kepada masyarakat para pengguna transportasi massal. 

“Kami akan membuat tim bersama untuk melakukan kajian, mengurus perizinan, hingga menyusun timeline agar eksekusinya dapat termonitor. Sehingga rencana kerja sama yang kita tuangkan dalam MoU pada pagi hari ini bisa tereksekusi dalam waktu yang tidak terlalu lama,” kata Didiek.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Langkah Lanjutan

Adrianto P. Adhi selaku President Director Summarecon menjelaskan penandatangan MoU ini merupakan sebuah awal pelaksanaan dari apa yang telah diamanatkan oleh Peraturan Presiden nomor 55 tahun 2018, tentang Rencana induk transportasi Jabodetabek tahun 2018-2029. Ia menyebut pada tabel 5 mengenai pelaksanaan strategi dan program pengembangan transportasi perkotaan terintegrasi, salah satunya TOD Summarecon di Kota Bekasi.

"Pembangunan TOD ini juga mendukung kebijakan pemerintah dalam pembangunan infrastruktur khususnya transportasi publik. Keberadaan TOD Summarecon ini akan menjadi fasilitas yang memberikan kemudahan dan kenyaman bagi masyarakat Bekasi dalam memanfaatkan transportasi public seperti KRL dan LRT,” kata Adrianto.

Stasiun Bekasi merupakan salah satu stasiun yang menjadi akses utama masyarakat menuju ibu kota. Saat ini, terdapat 203 perjalanan KRL di Stasiun Bekasi setiap harinya. Adapun rata-rata volume pengguna KRL di Stasiun Bekasi pada Februari 2022 sebanyak 9.318 pengguna per hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.