Sukses

Pesan Jokowi ke Bambang Susantono, IKN Nusantara Harus Jadi Contoh Peradaban Baru Bagi Dunia

Presiden Jokowi telah mewanti-wanti supaya pembangunan IKN Nusantara bisa dikelola dengan mengedepankan interaksi antarwarga.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Otorita Ibu Kota Negara Nusantara (IKN Nusantara) Bambang Susantono yang baru saja dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jukowi) menyampaikan bahwa untuk membangun kota dengan baik dibutuhkan waktu minimal 20 tahun.

“Butuh waktu 15–20 tahun biasanya agar bisa memiliki ruh atau soul of the city. Kami tidak hanya membangun fisik, tetapi bagaimana kerekatan sosial, interaksi antarwarga, dan kota ini menjadi layak huni, humanis, liveable,” kata Bambang Susantono dalam konferensi pers selesai Pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Kamis (10/3/2022).

Dia menegaskan, program-program di IKN Nusantara nantinya dipersiapkan tidak hanya semata-mata membangun fisiknya saja, melainkan juga membangun hal lainnya, seperti kerekatan sosial.

“Kami ingin membangun kerekatan sosial, membangun masyarakat dinamis, sehingga akan menjadi kota untuk semua,” ujarnya.

Lebih lanjut, Bambang mengaku bersama dengan Wakil Kepala Otorita IKN Dhony Rahajoe telah mendiskusikan arah pembangunan dari IKN yang akan dibangun di dua kabupaten, yaitu Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara.

Tentunya, pembicaraan tersebut merupakan tindaklanjut hasil diskusi dengan Presiden Joko Widodo atau Jokowi sebelumnya.

“Jadi kami memang sudah ada diskusi awal dengan Bapak Presiden, titipan beliau adalah kota harus membangun peradaban baru dan kota percontohan bagi dunia,” ungkapnya.

Kata Bambang, Presiden Jokowi telah mewanti-wanti supaya pembangunan IKN bisa dikelola dengan mengedepankan interaksi antarwarga, ada kemampuan digitalisasi yang mewarnainya, dan tetap menjunjung nilai humanis dan kerekatan sosial.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pelantikan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik melantik Bambang Susantono menjadi Kepala Badan Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, dan Dhony Rahajoe sebagai Wakil Kepala IKN, di Istana Negara, Kamis (10/3/2022).

Dalam pelantikan tersebut, Kepala dan Wakil Otorita IKN diberikan akses hal keuangan administrasi dan fasilitas lain sesuai peraturan perundang-undangan. Keputusan itu mulai berlaku sejak tanggal ditetapkan di Jakarta 9 Maret 2022.

“Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban saya sebagai Kepala dan Wakil Otorita Nusantara dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memang teguh Undang-undang Dasar negara Republik Indonesia Tahun 1945, dan menjalankan segala undang-undang dan peraturan dengan seluruh-lurusnya, serta berbakti kepada masyarakat nusa dan bangsa,” ucap Presiden Jokowi diikuti Bambang dan Dhony.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.