Sukses

Profil Dhony Rahajoe, Calon Wakil Kepala Otorita IKN Nusantara

Dhony Rahajoe dikabarkan akan dilantik Presiden Jokowi sebagai Wakil Kepala Otorita IKN Nusantara.

Liputan6.com, Jakarta Dhony Rahajoe dikabarkan akan dilantik Presiden Joko Widodo atau Jokowi sebagai Wakil Kepala Otorita IKN Nusantara. Pelantikan ini bersamaan dengan pelantikan mantan Wakil Menteri Perhubungan (Wamenhub) Bambang Susantono menjadi Kepala Badan Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Tersiar kabar pelantikan rencananya akan dilakukan hari ini Kamis, 10 Maret 2022 pukul 15.00 WIB. Sebelumnya, Jokowi sendiri pernah menyampaikan sejumlah kriteria pada calon Kepala Otorita Nusantara, Ibu Kota Negara Baru.

Jokowi ingin Kepala Otorita IKN Nusantara berasal dari non partai politik (parpol), mantan kepala daerah, dan memiliki latar belakang arsitek.

Lantas siapa sosok Dhony Rahajoe?

Berdasarkan informasi yang dihimpun Liputan6.com, Kamis (10/3/2022), Dhony Rahajoe merupakan petinggi di perusahaan SInar Mas Land. Merujuk situs Sinar Mas Land, Dhony Rahajoe menjabat sebagai Managing Director President Office Sinar Mas Land.

Dhony Rahajoe juga tercatat sebagai Anggota Badan Pembina Yayasan Institut Teknologi Sains Bandung (ITSB), yayasan milik Sinar Mas Land yang menggagas perguruan tinggi ITSB.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sinar Mas Land

Berdasarkan informasi yang diperoleh Liputan6.com dari berbagai sumber, kemungkinan Presiden Jokowi sudah memberikan kode atau sinyal akan memilih Dhony Rahajoe sebagai Wakil Kepala Otoritas IKN Nusantara.

Hal itu dibuktikan, lantaran Presiden Jokowi sempat berkunjung ke Kawasan Green Office Park, BSD City yang dikelola Sinar Mas Land pada Jumat (24/12/2021).

Saat itu, Jokowi didampingi Menteri PPN/ Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Gubernur Banten Wahidin Halim, dan Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar.

Kunjungan tersebut dilakukan Jokowi untuk melihat progres pembangunan kota baru oleh pihak swasta, sekaligus terkait dengan rencana pembangunan IKN Nusantara.

Bahkan, Dhony Rahajoe selaku Managing Director President Office Sinar Mas Land sempat menjelaskan kepada rombongan Jokowi terkait pengembangan kawasan BSD City melalui layar multimedia dan maket kota. 

3 dari 3 halaman

Istana Benarkan Jokowi Lantik Bambang Susantono Jadi Kepala Otorita IKN, Sore Ini

Sebelumnya, Kepala Sekeretariat Presiden Heru Budi Hartono membenarkan konfirmasi awak media, seputar penunjukkan mantan Wakil Menteri Perhubungan (Wamenhub) Bambang Susantono menjadi Kepala Badan Otorita Ibu Kota Negara (IKN).

"Untuk posisi Kepala Otorita IKN akan dijabat oleh Bambang Susantono," tulis Heru dalam keterangan diterima, Kamis (10/3/2022).

Heru menambahkan, Bambang akan dilantik bersama wakil Badan Otorita Ibu Kota Negara atau IKN Dhony Rahajoe oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Istana Negara Jakarta pada sore nanti.

"Dilantik sore ini pukul 15.00 WIB," jelas Heru.

Heru menyampaikan bahwa acara pelantikan akan disiarkan secara langsung oleh Sekretariat Presiden.

“Tentunya acara pelantikan tersebut akan disiarkan secara live streaming oleh akun YouTube Sekretariat Presiden mulai pukul 14.45 WIB," Heru menutup. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.