Sukses

Cita-Cita Kadin, Kembangkan Film dan Animasi hingga ke Pelosok Negeri

Kadin Indonesia menandatangani MoU bersama Perum Produksi Film Negara (PFN) dan Indiskop, untuk pengembangan industri film dan animasi nasional, Rabu (9/3/2022).

Liputan6.com, Jakarta Kamar Dagang dan Industri (Kadin Indonesia) bidang Badan Pengembangan Ekosistem Perfilman dan Animasi (Bapepan), menandatangani MoU bersama Perum Produksi Film Negara (PFN) dan Indiskop, untuk pengembangan industri film dan animasi nasional, Rabu (9/3/2022).

Pada kesempatan tersebut, Ketua Umum Kadin Indonesia Arsjad Rasjid mengatakan, kolaborasi ini bertujuan membangun ekosistem film dan animasi nasional yang kuat hingga ke pelosok daerah.

"Melalui kerjasama ini kita ingin kembangkan industri di daerah-daerah. Kebetulan Kadin Indonesia juga sudah ada di 33 provinsi. Salah satu industri yang bisa kita bangun adalah industri perfilman," ucap Arsjad.

Kepala Bapenan Kadin Indonesia Erik Hidayat mengungkapkan, bentuk kerjasama yang akan dilakukan, diantaranya untuk mengembangkan infrastruktur film dan konten serta mengembangkan platform konten.

"Selanjutnya mengembangkan layanan konten, pembiayaan film dan konten, pengembangan sumber daya manusia untuk mengembangkan ekosistem industri kreatif, dan kanal-kanal distribusi bersama film dan konten," kata Erik.

Selain itu, program kerjasama tersebut juga terkait kolaborasi distribusi dengan membuat independen bioskop, serta membangun kolaborasi dan sinergi secara luas melalui jejaring dan ekosistem.

Adapun ruang lingkup kerjasama dengan PFN mencakup pengembangan infrastruktur film dan konten, pengembangan platform konten, pengembangan layanan konten, pembiayaan film dan konten, pengembangan sumber daya manusia dalam pembuatan film dan konten, pengembangan ekosistem industri kreatif dan kanal-kanal distribusi, produksi bersama film dan konten kreatif lainnya melalui anggota dan/atau komunitas film dan kreatif binaan Badan Pengembangan Ekosistem Perfilman dan Animasi Kadin Indonesia.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Eksplorasi Model Bisnis

Kadin juga akan mengembangkan eksplorasi model bisnis secara intensif dan ekstensif, saling bertukar informasi dan memanfaatkan data industri film dan konten, kerja sama distribusi dan eksibisi film dengan membuat independen bioskop serta pemanfaatan jalur OTT, hingga berkolaborasi dan sinergi secara luas melalui jejaring dan ekosistem industri ini.

Bapepan Kadin pun bekerjasama mendirikan Indiskop sebagai Bioskop Rakyat yang mengukuhkan film Indonesia sebagai tuan rumah di negerinya sendiri, dengan menciptakan ruang yang hanya memutar film-film karya sineas Indonesia. Indiskop juga diproyeksikan sebagai ruang belajar untuk meningkatkan kreativitas masyarakat dan mendorong pertumbuhan industri kreatif.

Dengan Indiskop, Kadin bersama-sama akan mengembangkan kebijakan dalam rangka pengembangan ekosistem perfilman secara merata di Indonesia, baik pusat maupun daerah. Selain itu juga mempromosikan pengembangan investasi untuk Bioskop Rakyat, serta mengembangkan pelatihan-pelatihan kompetensi dan penddikan vokasi serta inkubasi bagi wirausaha, khususnya yang dapat mengembangkan ekosistem perfilman Indonesia.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Kamar Dagang dan Industri Indonesia atau Kadin Indonesia adalah organisasi pengusaha Indonesia yang bergerak di bidang perekonomian.

    Kadin

  • film

  • Animasi