Sukses

Penerima Kartu Prakerja Gelombang 23 Diumumkan, Cek di prakerja.go.id

Peserta lolos seleksi kartu prakerja gelombang 23 telah diumumkan

Liputan6.com, Jakarta Peserta lolos seleksi kartu prakerja gelombang 23 telah diumumkan. Selanjutnya, peserta lolos kartu prakerja gelombang 23 diminta segera mengikuti pelatihan sebelum habis masa waktunya.

"Selamat kepada penerima Kartu Prakerja Gelombang 23," bunyi pengumuman manajemen kartu prakerja di laman instagramnya @prakerja.go.id.

Peserta yang berhasil menerima Kartu Prakerja berhak mendapatkan bantuan pelatihan senilai Rp 1 juta dalam bentuk 16 angka Nomor Kartu Prakerja.

Bila nanti sudah diumumkan, begini cara untuk memeriksa status penerimaan seleksi kartu prakerja gelombang 23. Caranya:

1. Status penerimaan bisa diperiksa melalui notifikasi di dashboard pada laman prakerja.go.id

Apabila terdapat keterangan “pendaftaran sedang dalam evaluasi”, berarti proses seleksi sedang berjalan.

2. Peserta yang lolos akan mendapatkan notifikasi untuk menonton tiga video tentang pengenalan Kartu Prakerja. Peserta tidak diperkenankan untuk menutup video jika belum selesai menonton atau mempercepat laju video. Hal ini dilakukan agar peserta bisa melihat Nomor Kartu Prakerja.

3. Selanjutnya, apabila dinyatakan tidak lolos, peserta akan mendapatkan notifikasi bertuliskan “Kamu Belum Berhasil” pada dashboard.

Peserta bisa memeriksa alasan ketidaklolosan melalui Riwayat Gelombang pada dashboard.

4. Selain melalui dashboard, status penerimaan Kartu Prakerja akan diumumkan melalui SMS atau e-mail.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Batas Waktu

Buat yang lolos diminta segera mengikuti pelatihan pertama. Sebab pemerintah hanya memberikan batas waktu dalam waktu 30 hari sejak dinyatakan lolos seleksi.

Batas waktu 30 hari ini disesuaikan dengan Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Nomor 11 Tahun 2020. 

Nantinya mereka yang lolos akan mendapatkan bantuan pelatihan senilai Rp 1 juta dalam bentuk 16 angka Nomor Kartu Prakerja.

Saldo ini bermanfaat untuk membeli pelatihan melalui tujuh platform digital, antara lain Bukalapak, Pijarmahir, Pintaria, Karier.mu by Sekolah.mu, Tokopedia, dan Kemnaker (SISNAKER).

Adapun beberapa jenis pelatihan yang disediakan, seperti cara berjualan secara online, penggunaan aplikasi komputer, kursus bahasa, fotografi, keterampilan perawatan kecantikan, menjadi pelatih kebugaran, dan sebagainya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.